Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Diabetes Dengan Ramuan Herbal

Diabetes adalah penyakit yang paling populer di dunia, dan rupanya tidak hanya di Indonesia saja yang notabene-nya merupakan negara dengan konsumsi nasi paling banyak. Penyakit ini menjadi topik pembahasan yang selalu ramai di seluruh penjuru dunia, karena diam-diam meskipun tidak seganas penyakit kanker, diabetes juga merupakan penyakit yang memiliki efek buruk untuk jiwa seseorang. Lalu sebenarnya apa sih diabetes itu ? mengapa seseorang bisa menderita diabetes ? dan siapa saja yang rentan mengalami penyakit ini ?

Untuk pertanyaan terakhir, jawabannya adalah semua orang. Ya, semua orang rentan mengalami penyakit diabetes atau kencing manis, sebab semua manusia memiliki glukosa darah sebagai bahan bakar untuk dijadikan sebagai sumber energi, maka ketika kadar glukosa darah seseorang sangat minim orang tersebut akan menderita lemas dan tak bergairah dan bahkan mungkin pingsan.

Nah, dari sini kita tentu sepakat bahwa glukosa darah sangat penting. Baru akan menjadi berbahaya ketika glukosa darah tersebut tidak tersalurkan ke dalam sel-sel tubuh sehingga menjadi sia-sia keberadaannya. Glukosa darah baru akan menjadi energi ketika sudah tersalurkan ke dalam setiap sel-sel yang ada di dalam tubuh, dan sebagai pengantarnya tubuh memiliki hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas.

Solusi Diabetes

Tanpa adanya insulin atau berkurangnya kandungan insulin akan membuat glukosa darah hanya berlalu-lalang di dalam darah sedangkan sel-sel tubuh anda tidak mendapatkan aliran energi. Maka ketika penderita diabetes mengalami peningkatan kandungan gula dalam darah akan terasa lemas padahal sudah makan, karena memang makanan yang dicerna dan glukosa dalam darah yang ada di dalamnya tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh.

Jika keadaan ini terus berlarut dan orang mengartikan lemas dengan lapar dan terus makan-makanan secara berlebihan maka yang terjadi justru memperburuk keadaan, sebab seperti kita ketahui selama ini penderita diabetes banyak mengalami hal-hal yang sulit dalam menjalani hari-harinya karena terjadi gangguan pada organ-organ tubuh lain, seperti mata dan kerusakan saraf secara perlahan.

Penyebab Diabetes

Setiap orang sangat mungkin menderita kencing manis, umumnya mereka yang memiliki berat badan berlebihan akan lebih berisiko menderita penyakit ini, namun ada juga penderita diabetes yang justru memiliki tubuh kurus.
Tidak hanya itu saja, diabetes yang selama ini identik dengan mereka yang sudah lanjut usia rupanya juga bisa menyerang anak-anak, karena pada kondisi tertentu seseorang tidak menghasilkan hormon insulin yang merupakan pengantar glukosa darah agar sampai ke sel-sel tubuh. Jika sudah demikian maka cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan suntik insulin, namun diabetes yang demikian sangat jarang dijumpai.
Adapun penyebab diabetes secara umum adalah sebagai berikut :

– Faktor genetik
Siapapun anda ketika orang tua atau bahkan kakek-nenek anda pernah memiliki riwayat penyakit diabetes maka kemungkinan besar anda pun akan mengalami hal yang sama, apalagi jika anda kurang begitu memperhatikan pola makan.

– Usia
99% mereka yang sudah memasuki usia 45 tahun ke atas sudah sangat rawan mengalami penyakit kencing manis.

– Obesitas
Penumpukan lemak yang berlebihan tidak hanya menimbulkan efek kurang bagus untuk penampilan seseorang namun juga berefek negatif pada kesehatan. Salah satunya adalah dapat memicu penyakit diabetes.

– Akibat penyakit lain
Kondisi kesehatan tubuh seseorang rupanya juga dipengaruhi oleh penyakit lain yang mungkin juga dideritanya, maka seringnya seseorang mengalami komplikasi yang semakin menyulitkan proses penyembuhan. Penyakit diabetes ini akan mudah sekali muncul saat seseorang juga menderita penyakit darah tinggi serta kolesterol. Ketiga penyakit ini biasanya berkumpul menjadi satu dalam tubuh seseorang dan saling memberikan efek satu dan lainnya.

– Kurang kegiatan fisik
Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang memiliki pekerjaan di belakang meja karena rata-rata selalu menghabiskan waktunya sehari penuh hanya untuk duduk dan tanpa melakukan kegiatan fisik sama sekali.

Gejala Diabetes

Dengan mengenali gejala penyakit diabetes maka akan lebih mudah untuk penanganannya, sebab seseorang yang sudah terlanjur menderita penyakit kencing manis sangat sulit disembuhkan, upaya yang bisa dilakukan hanya mengontrol kadar glukosa darah agar lebih stabil.
Karena setiap tahun semakin banyak orang yang menderita penyakit diabetes, paramedis berusaha mensosialisasikan gejala-gejala kencing manis tersebut, dan dirumuskan dalam istilah 3P yaitu :

– Polidipsi ( banyak minum )
Mengonsumsi minuman khususnya air putih memang sangat bagus, tetapi jika seseorang merasakan haus yang terlalu berlebihan dalam kurun waktu yang singkat padahal tidak melakukan kegiatan yang melelahkan atau bahkan ketika cuaca sedang dingin, maka kemungkinan besar orang tersebut sudah mengalami penumpukan glukosa darah yang terlalu berlebihan.

– Poliuri ( banyak kencing )
Kondisi ini mungkin dianggap wajar karena semakin banyak minum maka akan semakin sering buang air kecil, namun demikian hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena urine yang dikeluarkan mengandung cairan tubuh yang ditarik oleh glukosa darah yang terlalu banyak, kondisi ini akan menimbulkan masalah baru yaitu kondisi tubuh melemah. Buang air kecil malam hari memang normal namun menjadi tidak normal ketika seseorang buang air kecil sebanyak 5 hingga 6 kali saat malam hari.

– Polifagi ( banyak makan )
Pada penderita diabetes yang sudah cukup parah rata-rata mengalami penurunan berat badan yang drastis, hal ini menjadi sangat tidak masuk akal padahal penderita diabetes memiliki nafsu makan yang tinggi karena sering merasa lapar. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, bahwa ketika hormon insulin di dalam tubuh sudah berkurang maka glukosa darah yang merupakan bahan bakar penghasil energi tidak akan mampu masuk ke dalam sel-sel tubuh sehingga otak menerima sinyal bahwa hal ini diakibatkan oleh perut yang kosong sehingga mengirimkan sinyal lapar, yang selanjutnya seorang penderita diabetes akan mudah sekali merasa lapar.

Tips Mengatasi Diabetes

Pengobatan pada diabetes tidak bisa langsung terlihat secara instan tetapi harus dilakukan secara terus menerus, dan harapannya adalah kondisi tubuh menjadi normal kembali.
Selain bisa mengkonsumsi obat-obatan, penderita diabetes juga bisa mencoba menggunakan bahan-bahan tradisional untuk mengurangi kadar gula darah yang berlebihan.

– Pare
Sayuran yang memiliki rasa amat pahit ini memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah untuk menormalkan glukosa darah penderita kencing manis. Tetapi anda tidak bisa mengkonsumsi Pare tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, khususnya ketika Anda juga mengonsumsi obat-obatan, akan lebih baik jika anda mengkonfirmasikan terlebih dahulu apakah nantinya pare yang akan anda konsumsi tidak berlawanan dengan obat yang juga harus anda minum setiap harinya.

– Olahraga
Kegiatan fisik juga akan memberikan efek yang sangat positif untuk kesehatan anda secara keseluruhan, cara ini mungkin sedikit sulit bagi penderita diabetes yang sudah parah karena kondisi tubuh yang lemah dan sering merasa lelah, oleh sebab itu perlu penyesuaian kegiatan fisik dengan kondisi tubuh penderita diabetes.

Tersebut di atas adalah informasi yang berkaitan dengan penyebab, gejala maupun langkah pengobatan penyakit diabetes, semoga bermanfaat.