Penyebab, Gejala Dan Cara mengatasi Demam Berdarah Dengan Tepat

Demam berdarah di dalam dunia kesehatan dikenal dengan nama demam dengue, kondisi dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan berupa demam tinggi dan pada kondisi yang parah dapat mengeluarkan darah baik dari hidung maupun mulut.

Demam dengue bisa menginfeksi manusia karena perantara serangga yaitu nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus. Kedua jenis nyamuk ini mudah berkembang biak di iklim tropis seperti Indonesia, terutama di kawasan yang padat penduduk.

Penyebab Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah bersumber dari virus yang disebut dengan virus dengue, dan bisa merusak kesehatan manusia jika tergigit oleh salah satu dari dua jenis nyamuk yang telah disebutkan di atas, yaitu aedes aegypti dan aedes albopictus, kedua nyamuk ini memiliki kebiasaan yang tak sama dengan kebanyakan nyamuk lainnya yang umumnya mencari makan di malam hari, namun kedua nyamuk ini justru lebih aktif ketika pagi hari hingga menjelang petang.

Demam Berdarah

Nyamuk penyebar virus dengue ini akan sangat mudah berkembang biak di dalam air yang tidak mengalir, tidak perduli air bersih ataukah air kotor jika keduanya sama-sama tidak mengalir maka nyamuk tersebut akan menjadikannya sebagai tempat berkembang biak yang nyaman.

Untuk langkah antisipasi selain bisa dengan cara membersihkan area rumah dari genangan air secara rutin, anda juga perlu mengetahui ciri-ciri nyamuk aedes aegypti sang penyebar virus dengue.

  • Tubuh nyamuk memiliki totol-totol putih termasuk juga pada kakinya.
  • Beraksi saat pagi dan siang hari, sementara pada sore dan malam hari akan bersembunyi di tempat-tempat yang aman seperti gorden dan baju yang digantung.
  • Saat menggigit posisi badang tidak nungging.
  • Hanya bisa berkembang biak di air yang bersih namun tergenang atau tidak mengalir, sehingga anda perlu waspada jika ada jentik-jentik nyamuk yang muncul di bak mandi.
    Sesaat setelah nyamuk ini menggigit manusia maka gejala yang dimunculkan baru akan bisa dilihat setelah 4 atau 6 hari kemudian, sebab virus dengue masih berkembang biak terlebih dahulu di dalam tubuh manusia lebih tepatnya adalah pada kelenjar getah bening atau limfa.

Gejala demam berdarah

Hampir mirip dengan ketika seseorang terjangkit virus influenza, virus dengue juga menunjukkan gejala yang kurang lebih adalah sama yaitu tubuh terasa demam, sakit kepala, nyeri otot, badan terasa pegal, mual dan ingin muntah. Jika ditelaah lebih detail lagi penderita demam berdarah akan mengalami sedikit kesulitan dalam menelan makanan dan tenggorokan terlihat meradang.

Perbedaan gejala virus flu dengan virus dengue adalah tidak disertainya pilek atau batuk, sedangkan virus flue selalu dibarengi dengan pilek dan batuk. Gejala demam berdarah yang lebih spesifik adalah sebagai berikut.

  1. Demam tinggi dengan siklus pelana kuda yaitu naik dan turun, pada saat panas turun bukan berarti virus dengue sudah hilang dari tubuh namun justru sebaliknya, virus tersebut semakin kuat di dalam tubuh.
  2. Muncul ruam pada kulit.
  3. Mata terasa nyeri.
  4. Timbul bintik-bintik merah pada kulit yang akan tetap terlihat meskipun kulit diregangkan, sebab jika bintik tersebut efek dari alergi atau gatal maka sudah pasti akan hilang saat kulit diregangkan.
  5. Keluar darah dari hidung.
  6. Muntah disertai darah.
  7. Tinja bercampur darah.
    Saat memeriksakan diri ke dokter biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tes darah terlebih dahulu agar bisa mengetahui secara pasti jenis penyakit yang di derita, sebab ada juga penyakit lain yang memiliki gejala yang mirip dengan gejala penderita demam dengue.

Pengobatan demam berdarah

Meskipun demam dengue atau demam berdarah tergolong pada jenis penyakit yang bisa membahayakan keselamatan penderitanya namun sebenarnya untuk mengobati penderita demam berdarah tidak diperlukan obat yang khusus. Yang perlu dilakukan adalah istirahat total setidaknya selama 7 hari dan sebaiknya tidak melakukan aktifitas apapun, karena masa-masa ini adalah masa yang cukup menentukan kondisi penderita selanjutnya. Yang kedua adalah dengan terus menyuplai asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi, dan untuk mempercepat proses penyembuhan penderita demam berdarah dapat mengkonsumsi beberapa obat herbal seperti berikut ini.

• Jambu biji
Selain lezat untuk diolah menjadi jus buah, jambu biji juga bermanfaat untuk dunia kesehatan salah satunya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan penderita demam berdarah. Pada kasus pengobatan ini yang dimanfaatkan adalah daun jambu biji yang diolah dengan cara merebusnya, kemudian air rebusan tersebut bisa diminumkan pada penderita setiap 4 sampai 6 jam, cara ini terbukti ampuh meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

• Daun pepaya
Meskipun rasanya pahit, daun pepaya memilki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah untuk membantu pemulihan kesehatan penderita demam dengue. Jika setelah 7 hari tidak ada perubahan yang berarti, dan tubuh penderita demam dengue masih terasa lemas maka dianjurkan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Karena jika demam berdarah terlalu parah akan menimbulkan komplikasi yang lebih banyak diantara tanda-tanda penderita demam dengue sudah dalam kondisi parah adalah sebagai berikut.

  1. Merasakan nyeri pada bagian perut yang amat parah dan tidak tertahankan.
  2. Kulit nampak memar yang merupakan tanda adanya pendarahan di lapisan kulit.
  3. Gusi berdarah.
  4. Mulai mengeluarkan darah dari mulut dan juga hidung.
  5. Muntah darah.
  6. Perut bengkak akibat adanya kerusakan pada liver.
  7. Sistem pernafasan menjadi terganggu sehingga penderita mengalami kesulitan bernafas.
  8. Penderita akan mengalami lemas tak berdaya disertai pendarahan yang lebih hebat.

Mengingat akan pentingnya keselamatan jiwa seseorang, maka jika dirasa kondisi pasien tidak mengalami perubahan sejak 3 hari dimulainya menderita demam maka sebaiknya tidak perlu menunggu waktu lama lagi untuk segera membawanya ke dokter.

Cara Mencegah Demam berdarah

Ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus dengue, selain tentunya menghindari gigitan nyamun anda juga bisa mengupayakan untuk terus meningkatkan kebersihan di lingkungan tempat tinggal anda.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk pencegahan penyebaran virus dengue, sehingga salah satu upaya yang paling penting untuk pencegahan hanyalah menjaga kebersihan lingkungan, kamar tidur dan juga ruangan-ruangan di dalam rumah kita. Menghindari menggantung baju disembarang tempat juga sangat disarankan karena baju-baju tersebut bisa saja dijadikan tempat yang nyaman untuk nyamuk aedes aegypti bersembunyi.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah ketika anda harus berkunjung ke tempat yang sedang terkena wabah demam berdarah maka lebih baik mengolesi tubuh dengan lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk penyebar virus dengue.

Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan penyakit demam berdarah atau demam dengue.