Dampak Bayar DP Kredit Rumah Jember dengan KTA!

Dampak Bayar DP Kredit Rumah Jember dengan KTA – Punya sebuah rumah idaman adalah impian setiap anggota keluarga baru. Namun sayangnya, untuk bisa mewujudan hal tersebut bukanlah semudah seperti sedang membalikkan telapak tangan. Hal inijuga berlaku pula di area Jember.

Sekarang ini ada banyak sekali spekulan dari produk property yang membuat harga rumah menjadi semakin meningkat mahalnya. Ada sejumlah orang yang membeli rumah di Jember menggunakan program kredit rumah Jember.

Baca juga: Kriteria agar Mendapat Kredit Rumah Harga 200 Juta Terbaik

Meskipun sayangnya untuk bisa mengajukan kredit rumah ini, Anda masih harus menyiapkan banyak uang yang cukup besar untuk membayar uang mukanya. Pembayaran untuk uang muka KPR ini umumnya adalah sebesar 30% dari harga total rumah. Itu artinya, bila Anda akan membeli sebuah rumah sederhana senilai 200 juta rupiah, maka Anda harus memiliki dana sebesar 60 juta rupiah untuk membayar uang mukanya. Itupun belum termasuk untuk membayar biaya KPR.

Kondisi yang seperti ini umumnya menjadikan beberapa orang lebih memilih untuk mengambil jalan pintas, yaitu dengan menggunakan KTA atau kredit tanpa agunan untuk membayar tambahan uang muka dari pengajuan kredit rumah Jember tersebut. Seperti yang telah diketahui, bahwa pemakaian KTA kini semakin bervariasi.

Namun, tahukah Anda bahwa pemakaian KTA untuk membayar uang muka kredit rumah Jember ini sebenarnya justru akan membebani Anda. Karena itu artinya Anda sama saja mempunyai hutang ganda yang nantinya akan lebih memberatkan keuangan Anda nantinya. Karena itu artinya Anda harus membayar sejumlah 2 kredit yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Dan itu berarti bahwa beban keuangan Anda nanti akan menjadi semakin lebih berat lagi. Karena itulah, pemakaian KTA yang digunakan untuk membayar KPR ini sebenarnya pernah dijelaskan oleh pihak Direktur Consumer dari Bank Central Asia, yaitu Hendy Koenaefi yang telah dimuat di salah satu berita.

Dimana, seharusnya bahwa memang benar para konsumen dapat mengambil KTA ini untuk membayar uang muka. Hal ini merupakan hal yang sah-sah saja. Itu selama para nasabah yang melakukan hal tersebut mampu untuk membayar biaya angsurannya di setiap bulan.

Fakta Pemakaian KTA untuk Membayar DP KPR

Terlepas dari itu, namun Anda juga tetap harus melihat kebanyakan dari fakta yang terjadi di lapangan. Dimana saat seseorang mencoba untuk mengambil KTA untuk membayar uang muka KPR, mereka tidak pernah menyadari bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk.

Jika diambil kesimpulan sederhana dari sebuah simulasi sederhana itu sama saja seperti sedang menutup lubang untuk menggali lubang. Jadi, bila diibaratkan dari paribahasa tersebut, sama saja dalam pemakaian KTA ini yang dibuat untuk membayar uang muka KPR, hal tersebut bisa memperburuk kondisi keuangan Anda.

Bahkan, itu sama saja bahwa Anda telah menggali 2 buah lubang dengan cara bersamaan, entah itu apa yang akan dijadikan sebagai penutupnya. Kondisi yang seperti ini akan melanda Anda bila Anda tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar 2 lubang tersebut secara bersamaan.

Sekalipun pendapatan Anda nanti cukup untuk membayar cicilannya tersebut secara bersamaan, namun tetap saja strategi dengan membayar uang muka menggunakan KTA itu tidak direkomendasikan. Mau tahu alasannya kenapa hal tersebut tidak direkomendasikan?

Hal tersebut karena justru akan membuat Anda semakin terbebani dengan membayar sejumlah uang yang lebih banyak di setiap bulan. Apalagi, bila hal ini nanti bisa sampai berlaku hingga beberapa tahun lagi.