Spesifikasi Mesin Dan Harga Daihatsu Hi-Max Terbaru April 2017

Harga Daihatsu Hi Max ~ Kebutuhan kendaraan pick up di Indonesia memang semakin meningkat hal ini seiring dengan perkembangan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang terus berkembang. Banyak sekali pelaku usaha yang menggunakan mobil pick up tidak hanya untuk mengangkut barang-barang mereka saja namun juga dijadikan sebagai lapak jualannya contohnya adalah para pedagang buah atau seperti yang saat ini cukup populer adalah pedagang tahu bulat yang langsung memasarkan barang dagangannya di Jalan Raya dengan menggunakan mobil pick.

Menyadari akan hal itu Daihatsu langsung mengambil posisi terdepan untuk menyediakan mobil pick up dengan ukuran yang tidak terlalu besar tetapi menyimpan tenaga yang cukup mumpuni untuk digunakan sebagai mobil pengangkut barang, mobil pick up tersebut diperkenalkan dengan nama Daihatsu Hi-Max dan dirilis pada tanggal 10 November tahun 2016.

Jika dilihat dari penampilannya mobil pick up terbaru dari Daihatsu ini akan sangat jago untuk digunakan mengakses jalan yang tidak terlalu lebar, apalagi radius putar yang dimilikinya juga cukup ideal yaitu hanya membutuhkan jarak sepanjang 4 meter saja selain itu mobil ini juga akan terasa lebih gesit saat melaju di jalan raya. Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai mobil pick up minimalis dari Daihatsu ini, berikut akan dipaparkan beberapa informasi yang berkaitan dengan Daihatsu Hi-Max.

Spesifikasi Daihatsu Hi-Max

MESIN
Tipe Liquid cooled 4 Stroke, SOHC
Silinder Single Silinder
Diameter x Langkah 58,00 mm X 58,7 mm
Kompresi 10,5:1
Daya 11,1 kw/8000 rpm
Torsi 14,4 Nm/6000 rpm
Starter Electric
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin 1,00 L : Berkala=0,90 L
Sistem Pembakaran (Fuel Injection System)
Kopling Kering, Centrifugal automatic
Transmisi V-Belt Automatic
DIMENSI
Ukuran 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.2350 mm
Berat 127 kg
Tinggi 135 mm
Tempat Duduk 765 mm
Kapasitas Tangki BBM 4,8 liter
RANGKA
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unti Swing
Ban Depan 110/70 – 13M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan Single disc brake (ABS)
Rem Belakang Single disc brake (ABS)
KELISTRIKAN
Pengapian TCI (Transistor Control Ignition)
Baterai YT27V
Busi NGK CPR8EA-9

Desain Bodi Daihatsu Hi-Max

Mobil ini memiliki dimensi secara rinci yaitu panjang 3395 m, lebar 1475 m dan tinggi 177 m. Dari segi bentuk memang tidak terlalu berbeda dengan mobil-mobil pick up lainnya yang terasa lebih unik adalah ukurannya yang terasa lebih kecil dibandingkan mobil pick up lainnya, dan hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada kapasitas bak yang dimiliki oleh Daihatsu Hi-Max.

Ukuran bak dari Daihatsu Hi-Max adalah 1934 m pada ukuran panjangnya, 1395 m untuk lebar dan 0,285 m untuk tinggi, dengan dimensi tersebut pihak Daihatsu mengklaim bahwa Daihatsu Hi-Max ini dapat digunakan untuk mengangkut barang dengan berat 1 Ton, namun idealnya mobil ini akan lebih baik jika digunakan untuk mengangkut barang dengan berat 750 kg saja, karena hal ini juga akan mempengaruhi dari daya tahan mobil pick up tersebut.

Jika dilihat dari sisi depan mobil ini memang terasa lebih simple karena seperti pada desain mobil-mobil pick up lainnya tidak terdapat adanya hidung pada bagian body depan mobil, terdapat dua headlamp yang sudah siap untuk meningkatkan pencahayaan saat malam hari dan juga adanya emblem simbol Daihatsu tepat diapit oleh dua headlamp tersebut.

Ukuran kaca yang dimiliki oleh Daihatsu Hi-Max juga cukup lebar sehingga akan menjadikan pengemudi merasa lebih leluasa ketika mengendarai di jalan raya. Body depan tidak diisi dengan balutan crhome pada bagian grille, dan Daihatsu lebih memilih untuk menggunakan warna hitam doff, hal ini juga sebenarnya turut mempengaruhi kesan yang lebih keren pada mobil ini khususnya bagi Anda yang memilih untuk menggunakan varian warna putih karena pada umumnya mobil pick up yang berwarna putih secara keseluruhan juga menggunakan warna putih pada bagian bodi depan tetapi untuk Daihatsu Hi-Max ini menggunakan variasi warna hitam sehingga menjadikannya terlihat lebih berkarakter.

Desain Interior Daihatsu Hi-Max

Interior dari mobil angkutan barang ini memang tidak terlalu diutamakan tetapi tentu saja juga akan tetap memperhatikan sisi kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang, apalagi biasanya untuk wilayah Indonesia mobil pick up juga sekaligus digunakan sebagai mobil keluarga kecil yang kadangkala akan digunakan untuk bertamasya ataupun untuk mengunjungi famili atau kerabat.

Bagian interior dari Daihatsu Hi-Max memang terasa lebih sederhana mulai dari penggunaan dasbor yang memang tidak bisa dianggap istimewa dan termasuk juga jenis kemudi yang digunakan rasanya juga sudah cukup standar untuk dijadikan sebagai fungsi kemudi saja namun tidak memiliki fitur tambahan seperti adanya tombol multifungsi.

Perlu diketahui bahwa ada perbedaan pada bagian interior Daihatsu Hi-Max karena mobil pick up ini dikeluarkan dalam dua varian dimana untuk versi biasa yang dibandrol dibawah Rp 100 juta tidak disertakan dengan adanya AC, sedangkan untuk harga di atas Rp 100 juta dari Daihatsu Hi-Max sudah disediakan beberapa fitur tambahan di bagian interior diantaranya adalah fitur power steering pada kemudi, AC untuk mendinginkan kabin dan juga jok kemudi yang lebih fleksibel untuk diatur posisinya agar pengemudi bisa lebih nyaman untuk mengendarai kendaraan roda empat tersebut.

Dengan demikian bagi Anda yang berniat untuk menjadikan Daihatsu Hi-Max juga sekaligus sebagai mobil keluarga kecil anda, maka akan sangat disarankan untuk langsung menggunakan versi AC dari Daihatsu Hi-Max agar terasa lebih nyaman saat berada di dalam kabin mobil.

Gambar Daihatsu HiMax

Mesin Dan Transmisi Daihatsu Hi-Max

Hal yang paling menarik dari pembahasan ini tak lain adalah pada bagian mesin yang mana akan sangat berpengaruh pada kinerja dari mobil pick up itu sendiri, Daihatsu Hi-Max menggunakan mesin 1KR-DE dengan silinder berjumlah 3 dan juga mesin berkapasitas 1000 cc. Kapasitas mesin ini sebenarnya sangat mirip dengan mesin yang digunakan pada Daihatsu Ayla.

Adapun untuk tingkat daya yang dikeluarkan oleh Daihatsu Hi-Max ini adalah 56 tk sedangkan untuk nilai torsinya mencapai 85 Nm. Sementara itu untuk jumlah transmisi yang disediakan adalah 5 percepatan dan Daihatsu Hi-Max ini hanya menyediakan satu varian transmisi saja yang bersifat manual, letak dari tuas transmisi juga berada di bagian samping jok kursi pengemudi sehingga terasa lebih nyaman dioperasikan dalam perjalanan jauh.

Suspensi dan Kaki-kaki Daihatsu Hi-Max

Bagian suspensi pada kendaraan angkutan barang juga cukup penting untuk menjadikan mobil ini tetap tangguh saat digunakan untuk mengangkut muatan yang memang cukup berat, meskipun memang tidak cukup nyaman juga digunakan untuk kendaraan penumpang tetapi setidaknya keberadaan suspensi Macpherson strut pada bagian suspensi depan cukup membantu untuk menjadikan mobil ini tetap stabil dan juga kuat, sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan tipe Rigid Axle.

Pada bagian kaki-kaki terdapat roda dengan ukuran 145R dan diperkuat dengan adanya velg berukuran 13 inci. Ddari segi tampilan kaki-kaki Daihatsu Hi-Max memang tidak terlalu istimewa dan sifatnya memang hanya fungsional saja dan jika anda menghendaki mobil ini terlihat lebih cantik maka tidak ada salahnya untuk melakukan modifikasi.

Harga Daihatsu Hi-Max

Daihatsu Hi-Max memiliki dua varian pilihan yang juga disertai dengan dua varian harga yang berbeda, untuk versi standart atau non AC Daihatsu Hi-Max dibandrol dengan harga Rp 93,3 juta. Sedangkan untuk versi istimewa dari Daihatsu Hi-Max yang telah disertai dengan adanya power steering, AC dan juga jok pengemudi yang fleksibel dijual dengan harga Rp 103,3 juta.

Perbedaan yang tidak terlalu jauh ini rasanya akan menjadikan pengalaman mengemudi Daihatsu Hi-Max akan jauh berbeda khususnya untuk adanya fitur AC maupun power steering yang nantinya akan sangat berpengaruh pada saat perjalanan khususnya bagi pengemudi yang akan merasa lebih ringan ketika mengemudikan Daihatsu Hi-Max berkat adanya fitur power steering.

Tetapi bagi pelaku usaha perbedaan harga ini mungkin akan menjadi perhitungan yang cukup pelik untuk memutuskan salah satu yang paling tepat dan yang paling sesuai dengan nilai ekonomisnya.