Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Karya Ilmiah Yang Benar

Inilah beberapa Contoh Kata Pengantar Makalah sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar berdasarkan kaidah EYD. Bagi kalangan akademisi kata-kata seperti makalah skripsi, karya ilmiah dan beberapa lagi yang lainnya seperti disertasi maupun tesis tentu saja sudah tidak asing lagi karena hampir semua tugas yang diberikan akan berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas, membuat makalah ataupun karya ilmiah bukanlah suatu hal yang mudah karena harus diperlukan beberapa aspek untuk bisa mewujudkannya dengan kualitas yang benar-benar baik selain harus mahir dalam hal menyusun kata-kata dan juga menggunakan kosakata yang formal seseorang juga harus memahami benar tentang topik yang akan dijadikan makalah ataupun karya ilmiah tersebut sehingga harus memiliki data yang benar-benar akurat agar nantinya mampu memberikan informasi yang sifatnya objektif.

Untuk memberikan wawasan anda mengenai makalah ataupun jenis-jenis tugas lain yang berkaitan dengan tingkat akademisi seseorang berikut ini akan dipaparkan mengenai perbedaan dari skripsi karya ilmiah dan makalah.

Kata Pengantar Makalah Skripsi

• Skripsi
Kata ini tentu sangat familiar dengan mahasiswa saya mana merupakan ujung perjuangan dari seorang mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjananya dan tak sedikit pula banyak mahasiswa yang merasa stress ketika menyusun skripsi. Pada umumnya skripsi ini tidak dilakukan secara mandiri tetapi juga akan dibantu oleh dosen pembimbing sehingga pekerjaan diharapkan bisa lebih mudah dan hasil skripsi bisa lebih terarah.

Nantinya mahasiswa yang menyusun seperti tersebut harus mampu untuk mempertahankan Skripsinya tersebut sehingga dikatakan lulus. Menyusun skripsi bukan hal yang mudah karena anda harus memiliki data-data yang lebih akurat dan lengkap termasuk juga fakta empiris yang harus anda dapatkan melalui observasi di lapangan ataupun saat melakukan penelitian di laboratorium.

• Makalah
Dibandingkan dengan karya tulis lainnya makalah ini memang kategori karya tulis yang tidak terlalu berat sehingga bersifat lebih santai tetapi juga harus tetap mengedepankan informasi serta fakta-fakta yang sesuai dengan lapangan. Dengan demikian makalah tidak boleh disusun hanya berdasarkan opini saja tetapi harus juga dilatar-belakangi dengan fakta yang benar bisa dipertanggungjawabkan.

Bacaan memang kadang-kadang sangat membosankan apalagi bagi Anda yang tidak suka membaca suatu hal yang bersifat serius tetapi bagi sebagian orang membaca hal yang serius seperti karya ilmiah ataupun makalah menjadikan pengetahuan mereka lebih meningkat Sehingga nantinya tidak akan mudah terseret arus yang kurang bisa dipertanggungjawabkan apalagi saat ini masyarakat sudah cukup melatih informasi sehingga bisa dengan mudah membaca informasi yang sifatnya mungkin kurang benar dan hanya bersifat hoax saja.

Bagaimanapun membaca sebuah karya tulis atau karya ilmiah memang akan menambah informasi dan juga pengetahuan termasuk juga akan merubah pola pikir kita menjadi lebih sistematis, dengan demikian tidak ada salahnya untuk saat ini kita mencoba membaca karya tulis seseorang apalagi orang tersebut adalah ilmuwan yang memang dari awal sudah cukup fokus dalam satu hal masalah.