Contoh Penulisan Kata Pengantar Makalah Dan Skripsi Yang Benar

Sebuah makalah biasanya akan dipresentasikan di depan dewan penguji atau sekelompok audiens yang akan memberikan penilaian juga memberi respon atas makalah tersebut. Ada juga makalah yang nantinya diterbitkan dalam buletin atau jurnal ilmiah sehingga dibaca oleh lebih banyak orang. Lalu bagaimana caranya membuat makalah menarik dibaca? Kata Agar orang lain bisa menangkap maksud dari makalah yang kita sajikan, judul menjadi hal terpenting karena judul mengangkat tema keseluruhan dari apa yang dibahas di dalam tema. Pastinya setelah penelusuran judul para calon pembaca kemudian berlanjut pada kata pengantar yang mengulas secara ringkas maksud dan tujuan ditulisnya makalah tersebut. Kira-kira bagaimana format kata pengantar yang sering dipakai di dalam makalah?

Kata pengantar sebuah makalah sebenarnya tak berbeda jauh dengan kata pengantar yang ditulis pada sebuah buku atau karya tulis yang lain. Pada prinsipnya, kata pengantar ini merupakan kata sambutan dari penulis kepada pembaca sebelum berlanjut ke pembahasan lebih lanjut. Sekilas di sini isi dari makalah akan disinggung namun berbeda dari abstrak atau ringkasan suatu makalah, kata pengantar sifatnya lebih umum dan bertujuan untuk membangun komunikasi yang lebih nyaman dengan pembaca.

Kata pengantar dalam sebuah makalah biasanya diawali dengan kata sambutan kepada pembaca dan rasa syukur atas terbitnya makalah tersebut. Pada bagian selanjutnya baru masuk pada ringkasan tentang persoalan atau topik makalah. Penulis bisa mengungkapkan alasan-alasan yang melatarbelakangi penelitiannya, mengapa makalah itu menarik dan sepintas kesimpulan-kesimpulan yang dia dapatkan atas hasil penelitian tersebut. Signifikansi makalah menjadi hal yang dibicarakan selanjutnya sehingga pembaca termotivasi untuk membaca lebih lanjut. Pihak-pihak yang turut membantu terselesaikannya makalah selanjutnya disebutkan pada bagian kata pengantar ini. Biasanya pihak-pihak yang kontribusinya paling besar ditulis namanya sedangkan apabila ada terlalu banyak maka cukuplah disebutkan secara perwakilan saja.

Di bagian akhir kata pengantar dicantumkan tempat dan tanggal penulisan makalah. Hal ini merupakan formalitas yang umum dilakukan dan pada kata pengantarlah titi mangsa suatu makalah bisa ditemukan. Tak lupa pada bagian bawahnya ada tertanda penulis atau pihak yang dipercaya penulis untuk membuat kata pengantar tersebut. Mengapa harus pihak lain? Biasanya jika bukan penulis makalah itu sendiri, kata pengantar dari orang yang dianggap oleh penulis lebih kompeten dari dirinya merupakan sebuah kehormatan dan pengakuan atas kompetensi dirinya sendiri.

Ada banyak contoh kata pengantar makalah yang bisa ditemukan pada bagian awal jurnal-jurnal ilmiah, buku-buku atau buletin kumpulan makalah ilmiah dan browsing di internet akan lebih memudahkan lagi. Contoh-contoh kata pengantar tersebut tentunya bisa dijadikan referensi untuk membuat kata pengantar bagi makalah anda sendiri. Tentunya, kata pengantar yang baik selalu datang dari kreativitas dan inisiatif penulis sendiri karena penulislah yang lebih tahu bagaimana menariknya topik yang dia angkat di dalam makalah tersebut.