Cara Membuat Penulisan Urutan Daftar Pustaka Jurnal Internet Buku

Contoh Daftar Pustaka – Sebagai seorang akademisi atau seorang yang sering membuat karya tulis tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah daftar pustaka, serangkaian kata yang ditulis dengan tujuan sebagai rasa apresiasi terhadap orang lain yang mana telah menjadi inspirasi terhadap terbentuknya suatu tulisan atau buku.

Daftar pustaka biasanya diletakkan pada setiap akhir halaman buku, atau bisa juga ditempatkan pada lembar terakhir dari sebuah buku. Sehingga di setiap buku yang kita baca tentu kita sering melihat daftar pustaka yang berisi dengan nama-nama pengarang yang mungkin sudah terkenal dan termasuk juga judul bukunya.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Untuk menuliskan daftar pustaka ini tidak hanya bisa ditulis dalam satu cara saja karena biasanya setiap penulis memiliki cara yang berbeda dalam menuliskan daftar pustaka tersebut.

Perbedaan dalam menulis daftar pustaka ini bergantung pada sumber informasi yang digunakan untuk menyusun sebuah karya tulis atau buku, agar lebih jelas Berikut ini akan dipaparkan mengenai contoh-contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan tepat.

• A.M Sudirman, Endang Mulyani, dan Diah Respati Suryo. 2006. Khasanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1 untuk kelas VII SMP dan MTs. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri .
• Fattah, Sanusi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
• Kateno, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial ( Terpadu ) untuk SMP dan MTs kelas VII. Surakarta: Grahadi.
• Dwiyono, Agus, dkk. 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1 SMP kelas 1. Jakarta: Yudhistira.
• Tim Balai Bahasa Jakarta.2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
• Sundawa, Dadang, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
• Http://id. Wikipedia.org/wiki/Global_warming
• Http://iklimtropis.com/perubahan-cuaca/efek-global-warming/
• Mesintekno, 2017 Contoh Daftar Pustaka Komplit www.mesintekno.com/contoh-daftar-pustaka/
• Republik Indonesia, 2017 Undag-undang perlindungan anak, Jakarta: Sekretariat Negara.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Setelah melihat contoh-contoh penulisan daftar pustaka tersebut di atas tentu saja Anda sedikit mengetahui tentang beberapa poin yang wajib ada dalam penulisan daftar pustaka, diantara poin-poin tersebut adalah sebagai berikut :
– Nama penulis
– Tahun terbit
– Judul buku atau Karya
– Tempat terbit
– Nama penerbit

Point-point tersebut di atas harus disusun secara urut sesuai dengan contoh yang sudah tertulis di atas. Untuk diketahui juga ada beberapa kaidah yang perlu Anda terapkan saat menuliskan masing-masing dari poin daftar pustaka diatas diantaranya adalah :

– Saat menuliskan nama anda tidak perlu menuliskan adanya gelar sesuai dengan contoh daftar pustaka yang tertulis di atas tidak ada satu pun gelar yang berada di depan maupun di belakang nama. Sebaliknya jika penulis tersebut memiliki Marga maka harus tetap dicantumkan.
– Penulisan judul ataupun karya ilmiah bisa dibuat dalam Mode font italic atau cetak miring.

Tersebut di atas adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka yang tepat di sesuaikan dengan jenis karya ilmiah yang ada.