Cara Terbaik Mengatasi Anak Malas Saat Belajar

Cara Terbaik Mengatasi Anak Malas Saat Belajar – Anda mungkin merasa jika sudah melakukan segala cara agar anak bisa belajar dengan semangat, namun rasa malas pada anak nyatanya jauh lebih besar meski anda sudah memberi peringatan atau hukuman.

Rasa malas sendiri terjadi karena dua faktor yaitu faktor intrinsik atau dari dalam diri anak sendiri dan juga ekstrinsik atau dari lingkungan luar.

Contoh dari faktor intrinsik adalah terlalu banyak aktivitas sehingga letih, kurang motivasi dari dalam diri sendiri dan lain sebagainya.

Sementara faktor ekstrinsik contohnya adalah sikap dari guru, orang tua atau teman yang tidak mendukung proses belajarnya, sarana kurang mencukupi, suasana rumah yang membuat sulit konsentrasi dan lainnya.

Untuk itulah, anda harus membuat beberapa langkah terbaik untuk mengatasi anak malas belajar yang bisa di lihat secara lengkap pada ulasan dari caramelatihotakkanankiri.xyz berikut ini.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Membuat Otak Kiri Menjadi Maksimal
Cara Terbaik Mengatasi Anak Malas Saat Belajar
Cara Terbaik Mengatasi Anak Malas Saat Belajar

Carilah informasi

Anda sebagai orangtua harus bertanya langsung pada anak untuk mendapatkan keterangan paling tepat tentang dirinya.

Pilihlah situasu yang tepat untuk melakukan komunikasi secara terbuka dan ajak anak agar bisa mengungkapkan pendapatnya mengapa ia malas belajar.

Buat kesepakatan orangtua dan anak

Membuat kesepakatan akan menciptakan tanggung jawab dan juga memberi motivasi pada anak jika belajar adalah bukan karena paksaan dari orangtua.

Kesepakatan ini di atur dari mulai bangun tidur sampai waktu beranjak tidur kembali meliputi rutinitas jam belajar, durasi belajar, jam belajar pada saat ada PR atau tidak, jam belajar di waktu libur, apa yang terjadi jika nilai baik atau jelek, hadiah dan hukuman yang di terima dan lain sebagainya.

Jika anda ingin memberikan sebuah hukuman yang akan di buat dan disepakati, maka biarkan anak untuk menentukan sebagai wujud tanggung jawab dirinya pada sesuatu yang sudah disepakati bersama.

Ciptakan disiplin

Disiplin pada anak bukan menjadi hal mudah untuk dilakukan apabila tidak di mulai dari diri anda sendiri sebagai orangtua.

Anda harus terbiasa untuk memperlihatkan rasa disiplin di keseharian anda dan ini akan mempermudah anak untuk mengikutinya.

Anda dapat menciptakan rasa disiplin ini dalam belajar yang dilaksanakan dengan konsisten dan berkesinambungan.

Latihan disiplin bisa dilakukan dengan menyiapkan peralatan belajar, buku pelajaran, mengingatkan akan tugas sekolah, bertanya bahan pelajaran yang sudah dipelajari, kesulitan pada pelajaran tertentu dna lain sebagainya.

Bangun kedisiplinan

Kedisiplinan haruslah di bangun saat anda melihat buah hati mulai tidak mengikuti kesepakatan yang sudah dibuat bersama.

Jika anak melanggar, jangan pernah memberi hukuman secara fisik seperti mencubit, memukul, menjewer dan lainnya, namun gunakan hukuman logis yang bisa di terima oleh anak.

Tegas dalam bersikap

Tegas dalam bersikap akan membuat anak tidak lagi mengulang kesalahan secara terus menerus dan ini berlaku pada saat anak menolak atau membantah namun dengan alasan yang tidak masuk akal atau malah sengaja berkata tidak jujur untuk tidak belajar.

Tegas dalam bersikap yang dibutuhkan adalah memberikan hukuman yang sudah disepakati dan siap untuk menerima akibat dari pelanggaran yang sudah anak lakukan.