Cara Menurunkan Asam Urat Dan Kolesterol Tanpa Efek Samping

Asam urat dan kolesterol sering sekali menjadi masalah bagi sebagian besar orang tua. Banyak orang tua yang mengeluhkan tentang asam urat dan kolesterol yang dideritanya karena jika pada saat asam urat dan kolesterol tinggi maka akan menyebabkan tubuh menjadi lemah.

Tinggi asam urat akan menyebabkan tubuh menjadi sering terasa semutan atau bahkan jika sudah memburuk akan menyebabkan gangguan dalam bergerak. Sedangkan jika kolesterol tinggi akan menyebabkan gangguan penyakit lain seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

Oleh karena itu banyak orang mencari cara menurunkan asam urat dan kolesterol. Untuk dapat menurunkan asam urat dan kolesterol adalah dengan mengendalikan makanan yang masuk dalam tubuh. Dan berikut ini cara menurunkan asam urat dan kolesterol :

Cara Menurunkan Asam Urat

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
Cara menurunkan asam urat dan kolesterol pertama yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Semua jenis makanan yang mengandung serat tinggi dapat mengurangi kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh.
Kandungan serat akan membantu dalam proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Serat juga memiliki fungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah dan akan dibuang melalui saluran urin. Dengan mengkonsumsi serat juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol berlebih.

2. Sayuran
Mengkonsumsi beberapa jenis sayuran akan dapat membantu tubuh menurunkan asam urat dan kolesterol. Sayuran hijau dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.
Hal ini dapat membantu efek yang baik seperti menurunkan kadar kolesterol. Sayuran hijau yang sangat baik untuk menurunkan asam urat dan kolesterol yaitu seledri.

3. Buah Ceri
Ternyata buah ceri selain enak untuk dikonsumsi juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan asam urat dan kolesterol. Buah ceri saat ini mudah didapat karena banyak terjual di swalayan berupa kalengan.
Buah ceri dikemas kedalam kaleng yang sudah disterilkan sehingga aman bila dikonsumsi setiap hari. Selain rasanya yang lezat, buah ceri memiliki khasiat untuk mengurangi lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

4. Minyak Biji Rami
Minyak biji rami merupakan cara menurunkan asam urat dan kolesterol selanjutnya. Minyak biji rami mengandung 45 persen serat dan 55 persen lemak omega 3 yang sangat baik untuk tubuh.
Kandungan kalium yang sangat tinggi pada minyak biji rami baik untuk menjaga kesehatan jantung dan darah. Manfaat minyak biji rami yaitu dapat dijadikan sebagai pengganti minyak yang biasanya didapatkan tubuh dari sumber kacang-kacangan yang biasanya dilarang untuk penderita asam urat.

5. Buah apel
Buah apel menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Kandungan asam malat pada buah apel dapat menetralkan asam urat dalam tubuh. Selain itu zat ini dapat membantu mengeluarkan asam urat dalam tubuh lewat saluran urin.
Kandungan pektin yang ada di dalam apel juga dapat membantu menghambat proses terjadinya oksidasi kolesterol, jadi akan menurunkan jumlah kolesterol. Mengkonsumsi buah apel setelah makan sangat baik karena dapat membantu menurunkan asam urat dan kolesterol.

6. Alpukat
Cara menurunkan asam urat dan kolesterol selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah alpukat. Kadar gula dalam buah alpukat sangat rendah dan dapat juga meningkatkan kadar basa yang dapat memerangi kadar asam dalam tubuh.
Selain itu alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi alpukat sebagai bahan salad.

Demikian cara menurunkan asam urat dan kolesterol dengan mengatur pola makan yang dikonsumsi.