5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami Berkhasiat

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami ~ Kutu rambut sering sekali menjadi masalah dari beberapa orang, karena akan membuat ketidaknyamanan. Penderita kutu rambut akan lebih sering menggaruk-garuk kepalanya, pada saat si kutu sedang menghisap darah pada kulit kepala.

Kutu betina setiap harinya akan bertelur sebanyak enam kali, jika tidak segera di atasi maka akan menyebabkan gangguan yang lebih parah lagi. Banyak cara menghilangkan kudu rambut yang dapat dilakukan saat ini. Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu faktor terpenting agar terhindar dari serangan kutu rambut. Kutu rambut walau termasuk dalam penyakit yang tidak membahayakan namun jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kulit yang serius pada bagian kulit kepala. Selain itu kutu rambut dapat melompat sehingga dapat menular kepada orang yang berada di sekitarnya.

Munculnya kutu rambut disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu penggunaan sisir bekas dari penderita kutu rambut. Faktor penyebab lainnya yaitu jarang menjaga kebersihan rambut, menggunakan alat-alat rambut yang bergantian dengan penderita kutu rambut, dan masih banyak penyebab lainnya. Dari beberapa faktor tersebut maka dapat dilakukan antisipasi agar tidak terkena penyakit kutu rambut. Adapun berikut ini cara menghilangkan kutu rambut agar tidak semakin parah :

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Almond

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama yaitu menggunakan almond. Almond adalah bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan kutu di rambut dan telurnya. Selain membantu mengatasi kutu rambut, almond juga dapat membantu merawat kesehatan rambut secara alami.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan almond :

  1. Pertama-tama rendam 10 biji almond di dalam air selama semalaman
  2. Di pagi hari kupas biji almond yang sudah direndam lalu tumbuk atau blender biji almond hingga membentuk krim pasta
  3. Tambah perasan jeruk nipis atau lemon kemudian diaduk hingga merata
  4. Oleskan adonan tadi secara merata ke seluruh bagian kulit kepala, pijat selama kurang lebih 10 menit lalu diamkan sekitar 2 jam
  5. Cara terakhir bilas rambut dengan menggunakan air dingin hingga bersih atau dapat juga menggunakan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan diatas secara rutin seminggu maksimal 1 kali, dalam waktu 2 bulan kutu yang akan hilang dengan sendirinya.

Cairan Alkohol

Alkohol mengandung senyawa isopropil, sehingga kandungan ini sangatlah efektif untuk cara menghilangkan kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut menggunakan alkohol:

  1. Siapkan baskom atau wadah
  2. Tuangkan alkohol secukupnya kedalam baskom
  3. Selanjutnya gunakan kapas untuk mengoleskan alkohol pada bagian kulit kepala secara merata
  4. Diamkan sejenak selama kurang lebih 30 menit lalu sisir dengan menggunakan sisir khusus kutu
  5. Setelah disisir bilas kulit rambut dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Gunakan maksimal hanya satu kali dalam seminggu selama satu sampai dua bulan. Jangan gunakan cara ini berlebihan karena akan membuat iritasi.

Jus lemon

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya yaitu menggunakan lemon. Lemon menjadi salah satu bahan alami yang memiliki sifat asam cukup tinggi. Ini karena adanya kandungan asam yang sangat berguna untuk membantu menghilangkan kutu di rambut secara cepat.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon:

  1. Siapkan 1 buah lemon segar dan cuka
  2. Lalu peras lemon dalam sebuah wadah, oles secara merata keseluruh bagian kulit kepala
  3. Pijat lembut selama kurang lebih 10 menit
  4. Diamkan selama 40 menit, lalu bilas dengan air hangat bercampur cuka sampai bersih.

Cara menghilangkan kutu rambut diatas dapat menjadi referensi bagi penderita kutu rambut. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.