Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Ramuan Herbal Alami

Ketombe menjadi masalah rambut yang sering menyiksa dan membuat tidak percaya diri. Terkadang shampoo saja tidak cukup untuk mengatasinya.   Bahkan beberapa jenis sampo yang tidak cocok dengan tipe rambut dan kulit kepala justru akan menambah parah timbulnya ketombe. Sebenarnya apa sih penyebab ketombe itu?

Ketombe berasal dari pengelupasan sel-sel kulit mati pada kepala dan sebenarnya jika tidak berlebihan ini merupakan proses yang wajar. Berbagai faktor memicu terjadinya ketombe antara lain pengaruh jamur yang tumbuh akibat kebiasaan membersihkan diri yang buruk. Jamur inilah yang memicu pengelupasan kulit mati secara berlebihan sehingga menimbulkan semacam sisik-sisik kecil yang kita sebut sebagai ketombe. Seperti disebutkan di atas, pemakaian produk shampoo yang tidak cocok dengan tipe rambut dan kulit kepala juga bisa memicu timbulnya ketombe. Lalu, kira-kira bagaimana cara mengatasi ketombe?

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe
Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

Beberapa cara alami bisa dicoba. Salah satu tujuannya adalah mengembalikan pH dan kelembaban alami rambut sehingga tumbuh secara sehat. Gangguan pada keseimbangan pH dan kelembaban ini bisa timbul akibat cara perawatan rambut yang kurang maksimal dan tidak teratur. Berikut ini ada tiga jenis bahan alami yang mudah kita jumpai di sekitar kita bagus untuk mengatasi ketombe.

Yang pertama adalah Lidah Buaya. Ini merupakan salah satu jenis tanaman yang ditakdirkan untuk menutrisi rambut secara komplit. Berbagi kandungan mineral alami pada lidah buaya meliputi kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan lain-lain semuanya sangat berguna untuk menutrisi dan menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, tinggal diambil satu ruas lidah buaya yang masih segar lalu belah. Gel di dalamnya sudah siap untuk menutrisi dan mengatasi masalah ketombe pada rambut.

Yang kedua adalah Cuka. Bahan masakan ini memiliki bau yang cukup menyengat dengan kandungan asamnya yang cukup kuat. Kandungan asam yang abrasif akan bekerja membebaskan kulit kepala dari sel-sel kulit yang mati. Caranya cukup mudah. Siapkan cuka putih secukupnya atau sesuaikan dengan kelebatan rambut yang dimiliki. Sebelum cuka dioleskan, rambut dikeramas terlebih dulu dan pijat-pijat selama kurang lebih 5 menit pada kulit kepala unt mendapatkan hasil maksimal lalu diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu keramas dan bilas rambut secara menyeluruh. Cara ini sudah banyak yang membuktikan dan hasilnya memuaskan.

Yang ketiga adalah Baking Soda. Bahan pengembang roti ini juga seperti cuka yang memiliki sifat abrasif untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemakaiannya jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi. Setelah ketombe hilang hentikan pemakaiannya. Caranya, siapkan baking soda beserat air hangat secukupnya. Kedua baha ini dicampur dengan takaran yang menyesuaikan. Buatlah bahan sedikit encer agar nanti lebih mudah dioleskan secara menyeluruh pada kulit kepala. Selanjutnya diamkan sekitar 30 menit sebelum akhirnya dibilas pakai air hangat sampai bersih.

Demikian tadi beberapa tips mengatasi ketombe secara alami. Cara yang paling mudah sebenarnya penggunaan produk-produk shampoo tertentu. Shampoo anti ketombe atau anti dandruff memang disarankan namun tidak semua jenis shampoo cocok dengan kulit kepala kita. Maka, bahan-bahan alami adalah yang paling cocok untuk dicoba.