7 Cara Menghilangkan Jerawat Dan Komedo Tanpa Efek Samping

Jerawat dan komedo merupakan masalah yang sering sekali mengganggu penampilan. Orang akan merasa kurang percaya diri jika wajahnya penuh dengan jerawat dan komedo. Padahal jerawat dan komedo akan sering muncul di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kusam, tidak fresh, maupun tampak tidak sehat. Cara menghilangkan jerawat dan komedo dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Semakin berkembangnya teknologi maka saat ini banyak produk-produk kosmetik yang ditawarkan untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Namun tidak sedikit produk kosmestik tersebut justru berbahaya untuk tubuh karena kandungan bahan kimianya. Cara menghilangkan jerawat dan komedo yang aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab dari timbulnya jerawat yaitu karena tertutupnya pori-pori kulit akibat berlebihnya produksi kelenjar minyak. Sedangkan komedo adalah salah satu jenis jerawat yang tumbuh akibat pori-pori tertutup kotoran sehingga muncul bintik-bintik hitam dan rasanya gatal. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dan komedo yang sering digunakan dan menjadi cara yang ampuh :

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Perbanyak mengkonsumsi bawang putih
Cara menghilangkan jerawat dan komedo yang pertama yaitu dengan sering mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki manfaat untuk menghancurkan bakteri yang merugikan di pori-pori kulit. Dan manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh salah satunya adalah kulit. Dengan mengkonsumsi bawang putih maka akan dapat membantu menghilangkan maupun mencegah jerawat dan komedo.

2. Memberikan vitamin D yang cukup untuk kulit
Sinar matahari sangat baik untuk kulit karena sinar matahari memiliki kandungan vitamin D. Sinar matahari yang sangat baik adalah di pagi hari. Karena dengan menjemur wajah pada sinar matahari akan menjaga kesehatan kulit sehingga sel-selnya dapat aktif secara sempurna. Dengan demikian jerawat dan komedo akan dapat menghilang dengan sendirinya.

3. Olahraga dan tidur yang cukup
Kurang berolahraga dan tidur menyebabkan timbulnya jerawat karena memicu ketidakseimbangan hormon. Dengan melakukan olahraga dan tidur yang cukup maka akan membantu menghilangkan stres yang menjadi faktor utama jerawat dan komedo.

4. Cuci muka dengan air hangat
Jerawat dan komedo timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori, oleh karena itu cara menghilangkan jerawat selanjutnya yaitu dengan mencuci muka dengan menggunakan air hangat.
Air hangat akan membuat pori-pori terbuka sementara sehingga sabun wajah dapat membersihkan kulit wajah secara maksimal. Setelah dirasa cukup bilas wajah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori kembali menutup.

5. Mengkonsumsi cukup air putih
Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan polusi udara merupakan racun yang dapat menimbulkan jerawat dan komedo di wajah. Oleh karena itu untuk membuang racun secara alami yaitu dengan banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. Racun akan keluar bersama kotoran dan keringan sehingga mencegah timbulnya jerawat dan komedo semakin banyak.

6. Masker Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya akan manfaatnya. Salah satu manfaat jeruk nipis yaitu menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dan komedo. Kandungan citric acid pada jeruk nipis akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
Selain itu juga menggunakan masker jeruk nipis yang dicampur dengan air mawar akan membantu menghilangkan komedo di area hidung.

7. Masker putih telur
Cara menghilangkan jerawat dan komedo selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker telur. Putih telur dipercaya dapat membantu mengurangi minyak di wajah yang sering sekali menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Cara menggunakanannya cukup mudah yaitu dengan memisahkan kuning dan putih telur. Kemudian kocok sebentar putih telur kemudian oleskan ke wajah hingga merata lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih dan kemudian bilas lagi menggunakan air dingin.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan jerawat dan komedo semoga dapat memberikan manfaat.