Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Herbal Alami

Jerawat sering muncul tak diundang dan bisa terjadi begitu saja dengan berbagai alasan atau penyebab, selain akan menimbulkan rasa nyeri jerawat juga sukses menurunkan rasa percaya diri seseorang yang menderitanya, apalagi jika jerawat tersebut jumlahnya tidak cukup satu namun hampir memenuhi wajah.

Mengatasi kulit berjerawat sama sulitnya ketika anda harus mengatasi problem lanjutannya yaitu flek hitam yang muncul akibat bekas jerawat, yang biasanya tidak hanya sekedar flek hitam saja namun juga luka atau scar yang jauh lebih sulit disembuhkan.

Jika selama ini anda mengira bahwa bekas jerawat hanya akan muncul ketika jerawat yang sedang meradang dipencet secara paksa maka hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab ada juga jenis jerawat yang selalu ingin meninggalkan kenang-kenangan tak terlupakan di kulit wajah anda meskipun tidak anda tidak memencetnya, biasanya hal ini juga terpengaruh dengan kondisi kulit anda yang tidak mampu melakukan regenerasi kulit dengan baik.

bekas jerawat

Bagi anda yang saat ini sedang berjerawat dan berusaha meminimalisir terjadinya bekas jerawat, tips-tips berikut ini bisa anda coba.

– Rutin merawat kulit
Saat muncul jerawat secara psikologi seseorang akan enggan untuk berkaca, apalagi untuk menyentuh kulit wajah sehingga semakin buruklah kondisi kulit tersebut. Padahal saat berjerawat kulit wajah justru membutuhkan perhatian ekstra, maka dari itu tetap lakukan perawatan wajah yang komplit mulai dari menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit anda, menyempurnakannya dengan toning dan melindungi kulit dengan moisturizing non comedonic. Cara-cara ini akan membantu kulit wajah anda bisa bertahan dan fight dalam melawan bakteri P. Acne penyebab jerawat.

– Jangan menyentuh jerawat yang meradang
Rasanya memang risih melihat kulit wajah yang muncul bentol-bentol akibat jerawat yang meradang, dan bahkan tidak sedikit yang nekat memencetnya agar jerawat yang menimbulkan benjolan tersebut segera hilang, cara tersebut sangat tidak dianjurkan. Karena tangan anda sangat mungkin mengandung banyak kuman yang bisa memperburuk kondisi kulit wajah anda.

– Penuhi asupan nutrisi kulit
Untuk meningkatkan kualitas kesehatan kulit, hal yang harus anda lakukan adalah dengan terus menyuplai vitamin E yang memang sangat menentukan tingkat kesehatan kulit anda. Agar nantinya jika jerawat anda sembuh, kulit anda bisa langsung melakukan regenerasi dan bekas jerawat hanya akan terlihat maksimal selama 7 hari.

– Melindungi wajah dari sinar UV
Penting sekali untuk anda lakukan, yaitu menghalau sinar UV agar tidak langsung bersentuhan dengan kulit wajah anda, karena sinar UV sudah punya cukup alasan untuk membuat kulit anda memiliki flek hitam tanpa harus berjerawat terlebih dahulu, sehingga jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari bukan hanya akan menyulitkan anda untuk menghilangkan noda bekas jerawat namun juga akan menambah beban anda untuk juga harus menghapus noda hitam di wajah akibat paparan sinar UV.

Langkah-langkah tersebut diatas adalah upaya preventif agar kulit anda tidak terlalu banyak dipenuhi dengan noda hitam bekas jerawat, lalu bagaimana jika kasusnya berbeda, yaitu kulit anda terlanjur dipenuhi dengan noda hitam bekas jerawat, apa yang bisa anda lakukan untuk menguranginya dan membuat kulit anda kembali bersih ?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Memanfaatkan perasan air Jeruk lemon

Sudah banyak orang membuktikan keampuhan dari jeruk lemon untuk memutihkan kulit dan termasuk juga untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara alami ini tergolong sangat aman dan sekaligus akan membantu mengatasi permasalahan kulit berminyak, sebab jeruk lemon akan membantu mengusir kandungan minyak berlebih dari kulit sehingga secara otomatis juga akan membuat kulit nampak lebih bersih dan bebas kusam.

Tapi karena jeruk lemon ini sedikit keras tidak sedikit pula yang mengalami iritasi saat menggunakannya khususnya jika diaplikasikan pada lipatan hidung yang biasanya muncul komedo, oleh sebab itu anda bisa menghindari area wajah tersebut atau bisa juga dengan menambahkan satu sendok madu pada perasan air jeruk lemon agar ramuan herbal ini bisa saling melengkapi, karena nantinya madu akan berperan untuk melembabkan kulit.

2. Menggunakan masker Putih telur

Walaupun aroma telur banyak tidak disukai karena amis, namun anda akan rela untuk menahan ketidaksukaan terhadap aromanya jika mengetahui manfaatnya. Khusus untuk perawatan wajah, anda cukup memanfaatkan bagian putih telurnya saja. Sebelumnya anda bisa memisahkan antara kuning telur dan bagian putih telur, kemudian kocoklah putih telur tersebut hingga memiliki tekstur yang kental, selanjutnya aplikasikan kocokan putih telur tersebut pada permukaan wajah sekaligus leher dan biarkan mengering.

Manfaat yang akan anda peroleh dari metode ini adalah, kulit anda akan terasa lebih kencang dan elastis, komedo yang menempel kuat pada kulit akan ikut terangkat bersamaan dengan ketika anda membilas wajah saat membersihkan masker putih telur, mengurangi kandungan minyak berlebih pada kulit wajah, membuat kulit terasa halus serta memutihkan kulit secara alami.

3. Mengolesi kulit dengan Minyak zaitun

Selain bisa digunakan untuk campuran salad, minyak zaitun juga terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai problem kulit, salah satunya adalah untuk mengurangi warna hitam yang ada pada wajah akibat bekas jerawat. Menggunakan minyak zaitun tidak sebagai cara alami memutihkan kulit wajah juga sangat aman dan tidak akan menimbulkan iritasi ataupun memperparah jerawat anda. Pilihlah jenis minyak zaitun yang paling bagus yaitu Extract virgin olive oil.

4. Menggunakan masker kentang

Siapa sangka salah satu bahan makanan yang masih tergolong pada keluarga umbi-umbian ini juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mempercantik kulit, untuk membuat masker kentang ini caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih, baru kemudian anda bisa memisahkan antara ampas kentang dan airnya. Bagian ampas kentang inilah yang bisa anda gunakan sebagai masker alami wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

5. Gel lidah buaya

Lidah buaya atau yang dikenal juga sebagai aloe vera sudah terkenal khasiatnya dalam mengupayakan kesehatan kulit maupun rambut, karena memang lidah buaya mengandung vitamin E yang tidak sedikit. Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya ini untuk membantu kulit anda tetap sehat, bebas minyak dan tentu saja untuk menghapus noda hitam bekas jerawat.

Jika cara-cara tersebut diatas hanya bisa membantu mengurangi wajah kusam dan hitam akibat bekas jerawat namun tidak berpengaruh pada luka parut atau scar maka anda bisa menindaklanjutinya dengan menghubungi ahli kesehatan kulit. Sebab scar memang jauh lebih sulit untuk diatasi, karena jaringan kulit sudah terlanjur rusak dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa memulihkannya kembali. Untuk memulihkan kulit yang menderita scar ini biasanya diperlukan tindakan medis seperti laser ataupun pengelupasan dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit.

Berbeda dengan flek hitam yang akan secara alami berangsur pudar saat proses regenerasi kulit berlangsung dengan baik, proses regenerasi ini juga sangat terpengaruh oleh kondisi kesehatan kulit anda, semakin sehat kulit anda maka semakin cepat regenerasi kulit ini berlangsung.