Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Badan ~ Bau badan adalah salah satu faktor yang menyebabkan kepercayaan diri kita menurun drastis. Sekalipun penampilan sudah menarik, bau badan yang tidak sedap akan membuat orang-orang di sekitar terganggu dan menjadi tidak bersimpati. Tidak semua orang menyadari problem bau badan karena memang sulit mendeteksi bau badan diri sendiri. Indikator paling bisa dipercaya ya reaksi orang lain atas bau badan kita. Bagaimana sebenarnya bau badan itu bisa timbul?

Bau badan umumnya disebabkan oleh kehadiran bakteri yang memecah protein lalu mengubahnya menjadi asam. Produk samping dari proses ini antara lain bau badan tidak sedap yang mudah menguap karea bakteri-bakteri tersebut memang bersarang di lapisan pori-pori yang biasanya tertutup oleh keringat. Sumber utama bau badan berasal dari ketiak dan lipatan-lipatan tubuh karena bagian-bagian ini tidak mudah terpapar udara dan mudah basah.

Menghilangkan Bau Badan
Menghilangkan Bau Badan

Sejatinya bau badan tidak mengganggu kesehatan kita namun yang paling dirugikan tentunya adalah hubungan kita dengan orang lain. Tentunya kita tidak mau dijauhi orang-orang gara-gara persoalan sepele seperti bau badan. Kira-kira bagaimana mengatasi masalah bau badan ini? Berikut ada beberapa tips mudah yang patut dicoba di rumah.

Yang pertama adalah menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur. Mandi dua kali sehari untuk kita  yang tinggal di daerah tropis sangat dianjurkan. Dibandingkan dengan mereka yang tinggal di daerah sub tropis atau yang beriklim dingin kita lebih mudah berkeringat dan alhasil bakteri mudah menempel pada pori-pori kulit kita. Anjuran mandi 2 kali sehari menggunakan sabun anti bakteri sangat efektif mengatasi bau badan kita dalam jangka panjang. Perlu kita ingat bahwa hanya butuh hitungan jam atau bahkan menit untuk bakteri bisa tumbuh, berkembang biak dan kembali menyebabkan bau badan tak sedap.

Yang kedua gunakan jeruk nipis untuk mengatasi bau badan terutama yang keluar dari lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak. Jeruk nipis memiliki khasiat mengembalikan pH alami ketiak. Di samping itu jeruk nipis memiliki kandungan senyawa anti bakteri yang sangat kuat. Caranya cukup mudah, peras dua jeruk nipis lalu tampung hasil perasannay pada sebuahwadah. Perasan ini dicampur kapur sirih sehingga membentuk krim. Krim inilah nanti yang dipakai untuk olesan pada ketika sehabis mandi. Setelah itu diamkan sekitar 1 jam dan bilas lagi dengan air hangat hingga tuntas.

Yang ketiga adalah penggunaan deodorant dan antiperspirant. Deodorant merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris saat ini. Ternyata, masalah bau badan bukan masalah sedikit orang bahkan merupakan masalah dari hampir semua orang. Selain bakteri, makanan-makanan tetentu juga bisa menyebabkan bau badan. Nah, cara paling praktis untuk mengatasi bau badan adalah pakai deodorant. Porduk ini bekerja mencegah bau badan tanpa perlu mengurangi keluarnya keringat. Sementara jika anda mengalami masalah keringat berlebih, antiperspirant bisa mengatasinya.

Sebagai penutup, bisa kita simpulkan bahwa penyebab bau badan itu adalah kurangnya kebersihan diri sehingga menyebabkan bakteri menyumbat pori-pori dan mengubah protein menjadi asam yang efek sampingnya adalah bau badan. Mudah-mudahan tips ini bisa berguna.