Cara Mengajukan Kredit Rumah Cibinong Second

Sebagian besar orang, membeli sebuah rumah bekas atau membeli rumah second itu adalah alternative terbaik dalam membeli sebuah rumah dengan harga miring. Selain itu, ada banyak alasan juga yang membuat banyak orang lebih suka membeli rumah second dibandingkan dengan rumah baru. Misalnya saja seperti karena memang tidak ditemukan rumah baru yang dekat dengan area kerja, tidak ditemukannya rumah baru yang harganya sesuai dengan budget, tidak menemukan rumah yang desainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: Ini Cara Mendapat Kredit Rumah Btn Di Indramayu yang Murah

Namun meskipun begitu, jika rumah baru dapat mengajukan kredit rumah, misalnya saja untuk daerang Cibinong, lalu bagaimanakah dengan rumah bekas? Bagaimanakah cara mengajukan kredit rumah Cibinong second itu? Apakah rumah bekas juga bisa menggunakan KPR untuk pendanaannya?

Jawabannya ternyata adalah bisa! Hal ini dikarenakan produk KPR itu tidak sekedar bisa dipakai untuk pembelian rumah yang baru saja. Namun, produk KPR ini ternyata juga bisa dipakai untuk membeli rumah second atau rumah bekas.

Cara Mengajukan Kredit Rumah Cibinong Second

Berikut ini adalah beberapa tahapan dan cara untuk membeli rumah bekas dari bank dengan mengajukan kredit rumah Cibinong second. Dimana untuk lebih tepatnya akan kami bahas di bawah ini, antara lain:

  1. Cari tahu dulu semua informasi seputar bank yang akan dituju, yang meliputi bagaimana proses untuk mengajukan KPR terlebih dahulu untuk rumah bekas.
  2. Lengkapi semua dokumen yang memang dibutuhkan.
  3. Lihat appraisal dari banknya juga lebih dulu.
  4. Hitunglah biaya yang lain dan biaya kreditnya. Misalnya saja jika biaya provisi dan juga biaya KPR nya itu adalah sebesar 10% dari jumlah dana yang diberikan oleh Bank, maka berapakah sisa atau dana bersihnya.
  5. Tanda tangani akad kredit.

Berkas Dokumen untuk Mengajukan kredit rumah Cibinong second

Berikut ini adalah beberapa dokumen atau berkas yang dibutuhkan dan harus dilengkapi jika Anda ingin mengajukan KPR untuk rumah bekas, antara lain:

  1. NPWP
  2. KTP dan KK
  3. Surat nikah
  4. Surat Keterangan Kerja
  5. Slip gaji selama 3 bulan terakhir
  6. FC sertifikat rumah yang akan Anda beli
  7. Rekening Koran tabungan selama 3 bulan yang terakhir
  8. FC IMB rumah yang akan dibeli
  9. FC pembayaran dari PBB yang terbaru atas rumah yang akan dibeli
  10. Surat kesepakatan untuk jual beli yang sudah ditanda tangani tepat di atas materai, antara pembeli rumah dan penjual rumah.

Namun dalam prosesnya, untuk pengajuan kredit rumah Cibinong second ini ada langkah yang beda dari mengajukan rumah yang baru. Yaitu dari segi appraisalnya. Proses ini adalah ketika bank sedang melakukan survey tepat ke rumah second yang ingin Anda beli, kemudian menaksir berapakah harga yang sesuai dari rumah second itu.

Kebanyakan dari mereka selalu memberikan harga taksiran yang jauh lebih kecil dari harga jual yang diajukan oleh penjual kepada pembeli.

Namun meskipun begitu, untuk proses kredit rumah Cibinong second ini tidak akan diberikan dana 100% oleh bank kepada Anda. Karena dana yang akan dikeluarkan biasnaya hanya sekitar 70 % sampai dengan 80% saja dari harga taksirannya tersebut. Jadi, Anda harus tetap membayar uang muka untuk KPR rumah bekas tersebut secara langsung kepada bank. Karena memang pada dasarnya tidak ada pengajuan KPR tanpa uang muka. Jadi, selalu siapkan DP Anda terlebih dahulu, sebelum Anda maju melangkah.