Cara Aman Terbebas BI Check saat Mengajukan Kredit Rumah Bandung

Cara Aman Terbebas BI Check saat Mengajukan Kredit Rumah Bandung – Setiap orang selalu menginginkan bisa mempunyai rumah sendiri. Entah itu dimana saja, di Bandung, Jakarta, Kediri, dll. Namun, saat ada seseorang yang akan mengajukan kredit rumah Bandung, sudah pasti yang akan menjadi permasalahan disini adalah tentang BI Checknya.

Cara Aman Terbebas BI Check saat Mengajukan Kredit Rumah Bandung

Beberapa orang kerap ditolak saat mengajukan kredit rumah Bandung ini di Bank dikarenakan mereka telah masuk ke dalam daftar blacklist dari bank Indonesia. Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah, bagaimanakah cara terbebas dari daftar blacklist tersebut?

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Perumahan Rakyat Bank Mandiri

Sebenarnya untuk bisa terlepas dari daftar blacklist ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, Anda tidak bisa langsung mengajukan permohonan kredit rumah Bandung secara instan. Misalnya saja bila Anda ternyata masuk dalam peringkat 5, dimana itu adalah catatan kredit terburuk di antara angka 1 sampai dengn angka 5.

Nah, untuk melihat kondisi rekam Anda dengan jelas, maka Anda wajib meminta info Debitur Individual lebih dulu ke Bank Indonesia. Anda bisa melakukannya secara online dan offline. Disitulah semua catatan kredit akan tertulis dengan jelas. Sehingga,  Anda bisa mengecek bila ternyata ada kesalahan dalam rekam jejak itu.

Bila ternyata terjadi sebuah kesalahan, misalnya saja ada kredit yang harusnya telah lunas namun belum tercatat lunas dalam IDI tersebut, maka Anda bisa langsung melakukan konfirmasi pada bank yang bersangkutan.

Disini, agar Anda bisa terbebas dari daftar blacklist BI tersebut adalah Anda harus membayar semua tunggakan dan tagihan kredit yang Anda miliki. Anda juga harus membayar penaltynya juga. Barulah setelah Anda melunasinya, maka Anda harus menunggu sampai 24 bulan barulah daftar tersebut akan hilang. Jadi, beberapa hal yang harus dilakukan agar bebas dari daftar blacklist adalah:

  1. Lunasi semua tagihan kredit Anda tersebut beserta penaltynya.
  2. Sesudah selama 3 bulan catatan kredit Anda lancar, maka Anda kan masuk ke dalam peringkat 3.
  3. Setelah itu, pertahankan lagi selama 3 bulan sebuah rekaman kredit yang sehat, sehingga Anda bisa langsung naik kembali ke dalam peringkat 1.

Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kredit tersebut. Jadi, pastikan Anda telah membayar semua kredit dan dendanya. Setelah itu, pertahankan angsuran Anda yang sehat selama 8 bulan, dengan begitu Anda akan secara otomatis mempunyai catatan kredit sehat yang memungkinkan Anda untuk bisa naik ke dalam peringkat 1.

Akan tetapi, bila Anda sudah pernah masuk ke dalam daftar blacklist dan Anda tidak mengurusnya, maka meskipun Anda telah melunasi semua tunggakan, Anda akan tetap masuk ke dalam daftar blacklist tersebut. Barulah Anda bisa terbebas setelah memasuki bulan ke 16.

Jadi, dalam hal ini, jika Anda membayar dengan cara menunggak sampai dengan 270 hari, itu artinya akan membuat Anda langsung masuk ke dalam peringkat 5 atau ke dalam menu blacklist BI. Untuk mengurusnya, Anda harus membawa semua surat bukti pembayaran yang menyatakan bahwa Anda telah lunas dari kredit yang bermasalah tersebut, dan Anda juga harus membawa catatan IDI ke kantor BI.

Bila terbukti Anda tidak mempunyai masalah kredit rumah Bandung yang macet, maka Anda akan dihapus dari daftar blacklist yang kemudian menjadikan Anda bisa mengajukan kredit rumah kembali, menggunakan nama yang sama.