Tips Memilih Bisnis Multi Level Atau Jaringan Yang Bagus

Tips Memilih Bisnis Multi Level  ~ MLM atau yang biasa juga dikenal dengan Multi Level Marketing memang salah satu bisnis yang sangat menarik di berbagai belahan penjuru dunia karena pada umumnya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan ketika anda melakukan usaha lainnya, namun sayangnya bisnis Multi Level ini menjadi sedikit tercemar oleh suatu sistem dimana sistem tersebut lebih mengedepankan permainan uang atau money game sehingga banyak merugikan para membernya.

Tentu kita sering melihat adanya banyak kasus investasi bodong yang dibungkus dengan embel-embel nama Multi Level Marketing, sebenarnya bisnis Multi Level ini tidak harus terpaku pada hal-hal yang berkaitan dengan permainan uang tetapi merupakan bisnis yang dibangun berdasarkan jaringan. Tidak semua multilevel memiliki sistem yang buruk dan merugikan para member, karena jika anda menemukan beberapa bisnis multi level yang memiliki ciri-ciri berikut ini hampir bisa dipastikan bahwa bisnis Multi Level tersebut bisa dipertanggungjawabkan dan tidak akan merugikan siapa pun.

Bisnis Multi Level
Bisnis Multi Level

• Jelas produk yang dijual
Saat kita berkenalan dengan seseorang yang menjalankan bisnis Multi Level biasanya kita akan diundang untuk mendengarkan presentasi dari mereka, dari sini kita bisa mengamati apakah presentasi yang dipaparkan tersebut fokus kepada suatu produk yang harus dijual atau dipasarkan ataukah hanya fokus pada sistem multi level yang tidak lain hanya memiliki target untuk menambah member baru.
Jika hanya fokus pada menambah member baru tanpa mengetahui produk apakah yang akan dipasarkan maka bisa dipastikan bahwa bisnis semester level tersebut cenderung pada kategori money game yang sangat merugikan member-member lain terutama yang belakangan bergabung pada bisnis multi level tersebut. Namun demikian jika anda memilih bisnis Multi Level yang jelas produknya maka anda harus memastikan bahwa produk tersebut benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat Sehingga nantinya Anda tidak akan kesulitan dalam mencapai target penjualan.

• Kerjasama antara Upline dan Downline
Bisnis Multi Level yang baik dan sehat akan memberikan suatu bimbingan bagi para downline terutama dalam hal marketing sehingga nantinya mereka yang baru bergabung akan terus berkembang dan bisa meningkatkan levelnya, hal ini akan sangat terpengaruh oleh upaya para upline sehingga bagi seorang downline bisa terus berkembang pada bisnis multi level tersebut. Salah satu ciri bahwa sebuah multi level indikasi money game adalah dengan adanya doktrin berupa kata-kata “ kunci posisi anda sekarang “. Karena itu artinya member baru tidak akan bisa mendapatkan posisi yang lebih baik sebab keuntungan hanya akan didapatkan oleh mereka yang telah bergabung lebih dulu.

• Sistem yang adil
Yang dimaksud pada point ini adalah kesuksesan dari para pendahulu dan mereka member baru yang masih belakangan bergabung pada bisnis multi level. Anda tidak perlu mengikuti bisnis Multi Level yang hanya akan menguntungkan para upline saja meskipun Anda yang bekerja keras.
Suatu sistem bisnis Multi Level yang adil akan memberikan level yang lebih tinggi serta kesuksesan yang optimal bagi para membernya yang mau bekerja keras dan meskipun Anda adalah member baru, nantinya Anda bisa menyalip member lama atau bahkan upline anda sendiri, jika memang hasil kerja keras Anda jauh lebih maksimal dari para upline tersebut. Dengan demikian akan ada banyak harapan kesuksesan dari para semua member tidak hanya bergantung pada kapankah mereka bergabung. Sebagai satu contoh adalah bisnis Multi Level Oriflame yang memang menerapkan sistem yang adil bagi semua membernya, sehingga hingga saat ini multi level Oriflame masih tetap bertahan dan kian bertambah banyak para member yang mengikuti bisnis jaringan tersebut.

• Legal
Inilah salah satu poin khusus yang harus anda perhatikan saat hendak mengikuti bisnis multi level. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang hendak mengikuti bisnis Multi Level adalah yang sudah memiliki NPWP, SIUPL dan berbentuk Perseroan Terbatas atau PT.

• Harga Produk yang masuk akal
Menjual suatu produk dengan harga yang masuk akal akan jauh lebih mudah ketimbang anda menjual produk bisnis Multi Level yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga pasaran.

Tersebut diatas adalah ciri-ciri dari bisnis Multi Level yang aman dan sehat.