Bisakah Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bank Bri dalam Proses Perceraian?

Bisakah Mengajukan Kredit Rumah Lewat Bank Bri dalam Proses Perceraian? – Bagi mereka yang baru saja mengajukan kredit rumah lewat bank BRI, kadang kala mereka memiliki sejumlah pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya.

Salah satunya adalah ketika mereka sedang dalam proses bercerai dan mereka belum mempunyai akta cerai. Bisakah mereka tetap mengajukan kpr tersebut?

Baca juga: Resiko Kredit Rumah Kpr Btn Tanpa Dp

Bila Anda sedang berada dalam posisi tersebut, maka status bercerai ini tidak dapat dijadikan sebagai alasan kenapa pihak bank menolak pengajuan kredit rumah lewat bank BRI Anda tersebut. hanya saja, permasalahan yang seperti ini akan menjadi lebih rumit bila status perkawinan Anda saat ini sedang dalam proses bercerai.

Karena itu artinya Anda belum mempunyai akta cerai. Padahal, salah satu proses untuk memperlancar proses kredit rumah Anda adalah dengan membawa akta cerai bagi yang sudah bercerai. Selain itu, Anda juga masih berkewajiban membawa pasangan Anda saat sedang akad kredit berlangsung agar mendapatkan persetujuan tanda tangan akad ini.

Hal ini tentu saja belum tentu bisa Anda lakukan bila sekarang ini Anda masih dalam proses bercerai. Karena sudah jelas itu akan sulit untuk Anda.

Nah, agar terhindar dari hal itu, sebeanrnya masih ada cara yang lain yang dapat Anda tempuh untuk melakukannya. Yaitu, Anda masih bisa membawa surat persidangan perceraian Anda untuk dijadikan sebagai bukti bahwa Anda saat ini masih sedang dalam proses bercerai. Sehingga, kini Anda tidak harus membawa pasangan Anda lagi saat Anda akan melangsungkan akad kredit.

Selanjutnya, sesudah akta cerai Anda nanti sudah jadi, maka disarnakan Anda segera saja mengganti pengajuan kredit rumah lewat bank BRI Anda karena nantinya Anda akan menggunakannya atas nama pribadi. Jadi, bukan lagi bersama dengan pasangan.

Hal ini harus dilakukan agar terhindar dari kisruh pembagian harta gono gini ketika Anda melakukan perceraian tersebut.

Jadi, untuk Anda yang sekarang ini sedang melakukan proses persidangan perceraian, maka Anda tak perlu lagi khawatir untuk mengajukan kredit rumah lewat bank BRI. Bila memang Anda memiliki sejumlah data yang lengkap yang bisa dibawa dan Anda punya data penghasilan Anda yang bisa digunakan untuk membayar cicilan Anda tersebut, maka Anda bisa mengajukan kpr ini.

Dan sudah pasti pengajuan Anda akan langsung saja disetujui oleh pihak bank. Karena sebenarnya persyaratan untuk mengajukan kredit rumah saat sedang dalam proses perceraian itu adalah sebagai berikut ini:

  • FC KTP.
  • FC KK.
  • FC surat nikah atau akta cerai atau FC surat persidangan Anda.
  • FC NPWP.
  • Surat keterangan kerja yang diberikan oleh perusahaan.
  • Berstatus menjadi karyawan tetap.
  • Memiliki surat keterangan penghasilan atau memiliki slip gaji.
  • Rumah harus memiliki IMB.
  • Rumah harus punya sertifikat lengkap.
  • Jalanan depan rumah yang diajukan tersebut harus bisa dilewati oleh kendaraan beroda empat.
  • Rumah harus jauh dari jangkauan sutet.

Beberapa hal tersebut harus Anda penuhi lebih dulu bila Anda ingin mengajukan kredit rumah lewat bank BRI ini sekarang juga.

Bila ditinjau lebih dalam lagi, sebenarnya persyaratan di atas tidak jauh berbeda dari persyaratan pada umumnya yang diajukan oleh pihak bank. Karena yang terpenting sebenarnya adalah status Anda dan status pekerjaan Anda harus valid dan lengkap, agar Anda bisa mendapatkan persetujuan itu.