Biografi Dan Biodata Nabi Muhammad SAW

Siapa yang tidak kenal dengan nabi terterkenal yang satu ini ia betul Nabi Muhammad SAW, ia adalah salah satu pemimin umat islam yang sangat terbesar di muka bumi ini dan menjadi tokoh nomor 1 yg sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia yang apabila kita bandingkan dengan tokoh-tokoh nabi lainnya. Ini adalah biografi dari nabi Muhammad SAW. nabi muhammad saw

Kita disini akan membahas profil dari nabi tersebut, silahkan di simak biografi dan prestasi yang pernah ia lakukan di muka bumi ini. Ia berasal dari daerah Kabilah Quraisy.

Ia keturunan dari Hasyim dan ayahnya bernama Abdulla Bin Abdul Muthalib cucu dari Hasyim ini sendiri. Ibu Nabi Muhammad SAW bernama Aminah Binti Wahb yang juga berasal dari keturunan suku Bani Zuhra salah satu dari daerah Kabilah Quraisy.

Ketika selesai menikah Abdullah melanjutkan perjalanannya ke Syam ketika itu dia berpergian dan akhirnya dia wafat di Madinah dan di makamkan di kota itu juga.

Menjelang beberapa bulan kemudian dari wafatnya Ayahnya, Nabi terhebat yang lahir dari para nabi tersebut adalah di bulan Rabi’ul Awal pada tahun 571 Masehi di Makkah.

Dan pada saat kelahirannya tersebut dunia menjadi terang menerang melihat kelahiran tersebut. Sesuai dengan tradisi bangsawan Makkah,

ibundanya menyerahkan Muhammad yang masih kecil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk di susui. Dan Nabi Muhammad yang masih kecil tersebut di titip di rumah Halimah selama 4 tahun lamanya, kemudia sang ibu mengambilnya kembali.

Yang mana tujuannya adalah mengunjungi krabat-krabat ayah handanya di kota Madinah, kemudia sang ibunda membawa Nabi Muhammad yang masih kecil tersebut ke Madihan.

Yang dalam perjalannya ia pulang ke kota Makkah, pada akhirnya ibundanya wafat dan di kubur di Abwa’. Daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah. Dengan kematian Ibundanya secara bergantian kake dan paman Nabi tersebut yang bernama Abdul Muthalib dan Abu Thalib membesarkan Nabi Muhammad.

Menjatuhi usia beliau yang sudah 25 tahun, akhirnya beliau menikah dengan Khadijah yang pada saat waitu itu sudah berusia 40 tahun. Setelah itu menghadapi hidup bersamanya selama 25 tahun hingga ia wafat pada usia 65 tahun.

Setekah itu beliau di angkat menjadi Nabi pada usia 40 tahun dengan usianya yang sudah cukup tua ini dia di angkat langsung oleh Allah dan beliau membuat kitab yang di beri nama Al-Quran atas berkat ijin dari Allah.

Yang semuanya tertulis di kitab tersebut seluruh Jin dan Manusia tidak mampu menandingi kebesaran kuasa dari Allah. Dan dinamakan sebagai pamungkas para nabi sebab akhlak dan kemuliannya sungguh terhormat.

Nabi Muhammad hidup di muka bumi ini selama 63 tahun, dari pendapat hebat masyhur tersebut beliau akhirnya wafat tepat hari senin pada bulan Shafar 11 Hijrah di kota Madinah.

3 Bukti Bahwa Nabi Muhammad Adalah Titisan Langsung Oleh Rasulullah SAW, secara garis besar :

  1. Pengakuan terhadap nabi-nabi besar
  2. Kelayakannya beliau menjadi Nabi
  3. Mukjizat yang beliau lakukan

Telah diketahui oleh setiap orang bahwa Rasulullah saw telah mengaku sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M., masa di mana syirik, penyembahan berhala dan api telah menguasai seluruh dunia.

Hingga akhir usia, beliau selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan sangat banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau itu.

Hingga pada akhirnya, beliau terus mendorong setiap umat manusia untuk memeluk agama Islam, dan cukup banyak di antara mereka yang percaya dan mengakui islam sebagai agamanya.

Bukti Kelayakan Nabi Muhammad SAW Menjadi Seorang Nabi

Banyak orang yang mengatakan asumsi atas adalah seorang yang mengaku bahwa ia adalah seorang nabi harus memiliki akhlak dan seluruh perbuatannya sangat terpuji, sebab dilihat dari segi kemampuan dan kesempurnaan jiwa harus yang paling terutama pada setiap manusia, tinggi dan sempurna menjadi cikal bakal untuk menjadi seorang nabi. Dan sudah terbebas dari hal-hal yang bersifat manusiawi seperti berbuat dosa.

Semuanya itu telah Rassulullah SAW lewati. Buktinya saja semua musuh dan teman-temannya memujinya sebab akhlaknya yang memberikan kesemimbangan atas sifat-sifat yang sempurna dan kelakuannya yang terpuji.

Kesimpulannya, akhlak beliau yang mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum halal dan haram, serta nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan beliau untuk menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan meragukan semua itu.

Kesimpulannya adalah perbuatan yang sangat baik dari beliau setiap hari beliau lakukan dan beliau sangat terpuji. Perubahan demi perubahan yang terjadi pada beliau menjadikan revolusi yang beliau katakana di Seanterao dunia ini.

Pada intinya di Hijaz dan Jazirah arab dan kotbah-kotbah yang membuat kemuliannya makin cerah dengan tauhidnya tersebut. Sifat-sifat Allah tercermin dari padanya. Hukum yang ada Halal dan haram serta nasehat-nasehat beliau juga menyatakan atas menduduki kursi kenabiannya tersebut.

Dan setiap orang yang bertobat akan merasa terlepas dari segala belenggu maut yg ada di muka bumi ini. Berdasarkan Mukjizat Yang Beliau Perbuat.

Mukjizat yang bisa di simpulkan dalam 5 kriteria ini sebagai berikut:

  1. Mukjizat akhlak.
  2. Mukjizat ilmiah.
  3. Mukjizat amaliah.
  4. Mukjizat maknawiyah.
  5. Mukjizat keturunan.
  6. Mukjizat Akhlak

Pada masa zaman Nabi Muhammad Saw yang sudah sangat terkenal bahwa beliau termasuk golongan manusia yang jujur, amant, sabar, tegar, dan dermawan.

Hal tersebut yang membuat dia terus menjadi orang yang sabar dan rendah hati. Oleh, karena itu beliau tidak ada masalah dengan yang namanya etika beliau sebab beliau tidak tertandingi. “Pada dasarnya Kau sudah berada di puncak akhlak yang agung”

Untuk memaafkan beliau tidak ada tandingannya sebbai ketika ada seseorang yang menganggu beliau dan mencemooh beliau biarpun itu masyarakat dalam maupun luar beliau hanya mengatakan berkat seperti ini اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena mereka tidak mengetahui.

Beliau selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat manusia, penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih terhadap Mukminin.”

Nabi Muhammad Saw tak pernah bersembunyi-sembunyi untuk langsung menunjukan keceriaan wajahnya sebab para sahabat dan umat yang lainnya sangat mengagumi Ia.

Beliau selalu memberikan tempat yang terhormat bagi orang yang telah melakukan perbuatan-perbuatan baik pada hadapan beliau. Beliau memberikan poin terpenting adlaah bagi orang yang mengutamakan kebajikannya menurut syariat Muslimin akan di tempatkan disisinya yang paling terutama.

Bahkan Nabi Muhammad Sawi tidak pernah duduk dan bangun dari duduknya terkecuali ia selalu menyebut nama Allah. Dan beliau selalu duduk menuju arah kiblat.

Beliau tidak pernah menentukan jenis apa tempat duduk yang akan dia duduki tetapi dia selalu memandang itu baik selagi beliau bisa menghadap ke khiblat. Beliau menyamakan semua masyarakat itu baik dengan sedimikan rupa dan menjadikan bahwa makhluk hidup yang ada di dunia ini adalah semua makhluk yang suci.

Beliau tidak pernah banyak ngomong bahkan dia tidak pernah memotong sedikitpun pembicaraan orang lain kecuali pada saat dia ceramah.

Bahkan beliau juga tidak pernah menjelek-jelekan orang lain. Sebagi nabi yang sangat di hargai oleh orang-orang dia tidak pernah mencari-cari kesalahan terhadap orang lain.

Beliau sangat budi pekerti, beliau juga selalu sabar ketika beliau menghadapi segala macam masalah yang terjadi pada hidupnya bahkan hidup umatnya. Beliau selalu duduk bersama orang susah dan duduk bersama-sama dan makan bersama-sama dengan orang yang miskin.

Dalam cara berpakaian dan makan beliau tak pernah melebihi rakyat biasa bahkan ketika dia berjumpa dengan siapun itu dia selalu mengucapkan salam dan berjabat tangan. Dan beliau tidak mengijinkan satupun orang untuk menghormatinya dengan cara menduduk.

Beliau selalu menghormati orang-orang yang berakhlak mulia dan berilmu. Dibandingkan dengan orang-orang biasa lainnya beliau adalah nabi yang bijaksaa, sabar, adil, berani, dan penuh kasih.

Beliau pun selalu menghormati orang yang lebih tua darinya bahkan anak-anak sekalipun ia juga ikut berperan dalam misi membantu orang-orang yang terlantar. Sebisa mungkin dia tak pernah makan sendirian bahkan ketika dia meninggal dunia dia tidak pernah meninggalkan sedikitpun Dirham maupun Dinar.

Itulah biografi singkat tentang Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan tertulisnya biografi ini umat muslim bisa mengenal lagi siapa itu Nabi Muhammad SAW