Belajar Effect BeatBox Dan Mengetahui Cara Battle BeatBox

Kali ini saya akan memberi kembali tips Beatbox yaitu tips mengapa saat kita sering nge-Beat sehingga kita melupakan mempelajari suatu effect Sound Beatbox.

Hal tersebut adalah yang sedang saya alami dan saya baru menyadarinya.

Artikel ini bukan berisi tips yang memuat beberapa kata dan artikel ini hanya membahas pembahasan yang pendek.

Mungkin sobat pernah mengalami hal ini yang akan saya jelaskan.

Kalau sobat tidak mengalaminya atau belum pernah mengalaminya, saya mohon kepada sobat untuk meluangkan sedikit waktu saja untuk membaca dan ambil saja pengetahuanya kalau sobat bukan Beatboxer yang mengalaminya. Mungkin hal ini hanya dialami oleh beberapa Beatboxer saja.

 Inilah Tentang Belajar Effect BeatBox Dan Mengetahui Cara Battle BeatBox

Belajar Effect BeatBox Dan Mengetahui Cara Battle BeatBox
Belajar Effect BeatBox Dan Mengetahui Cara Battle BeatBox

Kenapa kita jarang belajar effect sound karena sering nge-Beat

Yang terutama adalah otak kita sendiri. Kemana otak kita fokus dan pengaruhnya terhadap masalah ini adalah kurangnya konsentrasi otak sobat terhadap beberapa hal.

Kalau sobat sering nge-Beat, maka sobat akan terus menerus sehingga terbiasa untuk nge-Beat. Karena beat yang sobat bunyikan mungkin di dengar enak oleh sobat sendiri.

Kalau sobat sudah merasa nikmat dengan membunyikan beat, jadilah sobat terus-menerus membunyikan beat sobat dimana pun sobat berada.

Contohnya: di jalan, di kamar mandi, dan saat melakukan aktivitas apapun itu yang dilakukan oleh sobat sendiri.

Kalau sudah terus-menerus membunyikan Beat sobat, kemungkinan besar sobat akan tersita banyak waktu sehingga tidak ada waktu untuk fokus kepada hal yang lainya.

Jadi, kemungkinan besar suatu effect sound Beatbox yang sobat pelajari menjadi lebih lama dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menguasai effect sound Beatbox tersebut.

Untuk mengatasinya, dengan cara jangan terlalu sering membunyikan beat di aktivitas apa pun itu. Dan bunyikanlah beat di saat waktu dan tempat yang tepat. Misalnya saat sobat sedang perform Beatbox, saat sobat membuat pattern, dan lain sebagainya.

Menurut saya, keseringan membunyikan beat di waktu yang tidak tepat, tidak ada manfaatnya daripada mempelajari effect sound Beatbox terus menerus.

 

Membunyikanya beat dari pada effect sound

Beat memang lebih enak didengar dan kelebihan beat kalau di bunyikanya secara berulang-ulang maka akan membentuk suatu irama yang enak di dengar saat masuk ke dalam telinga.

Sedangkan effect sound Beatbox pasti hanya membunyikanya asal-asalan saat mempelajarinya sampai kita bisa menguasainya dan kekurangan dari effect sound Beatbox ini, kalau sobat membunyikan suatu effect sound Beatbox secara berulang-ulang kemungkinan besar tidak akan membentuk suatu irama yang enak di dengar seperti beat.

Lebih baik lagi kalau mempelajari effect sound Beatbox terus menerus sehingga bisa dilakukan di mana pun dan waktu kapanpun.

Misalnya saat sobat mempelajari effect zipper sound, sobat mempelajarinya di jalan, di sekolah, di kamar mandi, sehingga menjadi cepat untuk menguasainya.

 

Kesimpulan

Menurut saya kurangilah kebiasaan untuk nge-Beat sehingga lambat untuk mempelajari effect sound Beatbox.

Lebih baiknya lagi kalau sobat mempelajari effect sound Beatbox secara terus menerus yang membunyikanya tanpa irama, tetapi sobat akan merasakan kebahagiaan sesudah dapat menguasai suatu effect sound Beatbox.

Kalau sobat tidak pernah mengalami ini dan tidaka ada yang berubah pada diri sobat, maka saya sangat berterima kasih sobat telah membaca keseluruhan artikel ini dan saya mohon untuk luangkan setiap waktu untuk membaca artikel terbaru dari website ini.

Tapi jangan sampai merasa cukup tahu terlebih dahulu. Karena masih ada tips yang lainya yang di publikasikan di website ini setiap minggunya. Bagaimana tanggapan sobat terhadap artikel ini? Berikan tanggapan sobat di kolom komentar.

Terimakasih telah membaca keseluruhan tutorial ini, dan jangan lupa share tutorial ini. Supaya teman yang lain bisa membaca tutorial yang diberikan di website ini.

Buat kalian yang belum pernah ngerasain atau masih grogi atau gugup pas ikut Battle Beatbox, saya punya beberapa tips mudah yang mungkin dapat langsung kalian lakukan. Semua tergantung dengan berdasar pengalaman kamu sendiri mau sebagai peserta maupun menjadi juri.

 

Beberapa Tips Battle Beatbox

 

Tips Battle: 1. Make sure skill beatbox kalian sudah mencukupi

Skill beatbox disini maksudnya adalah BTK atau kemampuan dasar kalian dalam beatbox

 

Tips Battle: 2. Pastikan beat kalian original (ASLI)

Beat original maksudnya beat yang bener2 kalian bikin sendiri atau niru punya orang lain tapi kalian modif sehingga jadi terdengar cukup beda

 

Tips Battle: 3. Pastikan kesehatan kalian sudah sehat

Kesehatan disini maksudnya kalian bisa ngatur pernafasan, kagak lagi batuk, kagak abis makan, tenggorokan terasa baik2 aja

 

Tips Battle: 4. Pakailah bahasa tubuh, jangan hanya diam, tapi sedikit hiperaktif.

Bahasa tubuhnya pas battle jangan hanya diam di tempat doank, tapi rada nggodain atau ngejek lawan kalian gitu, it’s battle, man!

 

Tips Battle: 5. menyembunyika sedikit kata-kata antara beat kalian membuat mancing emosi lawan

Kata2 yg dimaksud bukan kata2 kotor lho ya, kata2 yang masih sopan tapi terkesan menantang lawan gitu dah

 

Tips Battle: 6. Kenali secara benar bagaimana audience atau penonton yang lihat kalian beraksi.

Crowd reaksi penonton cukup punya pengaruh lho ya. Penonton sesama beatboxer menilai dari rumitnya beat, sedangkan penonton umum menilai dari familiarnya itu beat

 

Tips Battle: 7. Jangan mudah terpancing oleh lawan dan cari kelemahan lawan.

Jangan kepancing ngikut fast beat kalo sebenarnya kalian kurang lancar, bisa cari kelemahan lawan secara fisik atau merhatiin beatnya

 

Tips Battle: 8. Perhatikan manajemen waktu

Liat wasit yang nunjukin waktunya, jangan ngebeat nglebihin waktu karena juga pengaruh sama disiplin kalian n penilaian ntar

 

Tips Battle: 9. Tunjukin keunikan beat atau sound effect kalian yang sekiranya lawan kamu tidak menguasainnya

Sound effect helikopter atau sirine dah terlalu umum, kasih efek lain punya kalian yang kagak biasa orang lain gunain

 

Tips Battle: 10. Hormati lawan kalian setelah battle selesai

Sekedar salaman n pelukan bisa berarti kalian menghargai lawan kalian. Battle cuma di atas panggung, setelah turun kalian adalah temen

 

Tips Battle: 11. Jangan ekspos beat kalian terlalu lebay beberapa saat sebelum battle

Jangan sok pamer atau sok latihan saat sebelum battle di depan beberapa orang (kalau ga ada orang gapapa), karena orang lain bakal tahu beat kalian

 

 

Tips Battle: 12. Susunlah beat kalian terlebih dulu sebelum battle

Penyusunan beat dalam battle juga pengaruh pada nilai, kebingungan kalian saat akan ngeluarin beat selanjutnya akan bernilai buruk. Menyusun beat juga bermanfaat untuk mengetahui kira2 berapa waktu ngebeat kalian. Proses transisi antara beat satu dengan yang lain juga berpengaruh karena itu akan menentukan enak atau tidak beat kalian

 

Tips Battle: 13. Saat di rumah berlatihlah di depan kaca, terutama yang gampang grogi

Berlatih di depan kaca bermanfaat agar kalian tahu mana bahasa tubuh yang baik yang akan kalian gunakan. Bahasa tubuh yang hanya kalem diam dan menutup mata adalah yang terburuk, sebisa mungkin ikut bergeraklah saat ngebeat

 

Tips Battle: 14. Hafalkan beat yang akan kalian gunakan

Beberapa beatboxer terkadang grogi dan lupa tentang beat yang akan dikeluarin. Solusinya di rumah atau saat sebelum battle kalian bisa merekam beatbox kalian di hape dan mendengarkannya secara berulang2

Beberapa tips ini saya berikan untuk membantu kalian agar dapat lebih maju dan berkembang. Di Dalam dunia beatbox tidak ada hal yang tidak mungkin selama kalian punya kemauan yang kuat.

Dan ingat, ekssensi beatbox itu bukan sekedar cari juara yang terbaik tapi juga bisa berkumpul dan mencipatakan relasi yang kuat antara beatboxer. Battle Beatbox itu hanya formalitas, esensi sesungguhnya adalah pertemanan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya Disini Pemenang Pertandingan Kejuaran BeatBox Tahun 2015

Itulah tadi pembahasan yang tentang mengenai cara belajar effect beatbox dan mengetahui cara battle beatbox, lebih dan kurang saya mohon maaf, apabila ada kesalahan kata atau tulisan yang saya buat mohon di maafkan. Semoga apa yang sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

(Credit By : Ikbal Fikri)