Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Asam Urat Serta Kolesterol Tinggi

Asam Urat selama ini dikenal sebagai suatu penyakit peradangan sendi, padahal asam urat adalah suatu zat yang sudah pasti ada di dalam tubuh manusia, baru akan mengganggu kesehatan ketika kandungan asam urat tersebut berlebihan.

Sementara itu untuk kolesterol juga demikian halnya, karena ada kolesterol jahat dan kolesterol baik, sehingga kata kolesterol tidak selalu berkonotasi negatif, sebab kolesterol baik juga diperlukan oleh tubuh khususnya untuk membuat energi yang diperlukan saat beraktifitas bisa tetap terjaga. Selanjutnya kita akan membahas satu persatu mengenai penyakit Asam Urat dan Kolesterol.

Asam Urat

Gejala Dan Solusi Asam Urat

Penyebab Asam Urat

Asam urat selalu bersentuhan dengan tubuh manusia karena zat ini berada di dalam makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Zat tersebut adalah purin, saat zat purin ini jumlahnya terlalu berlebihan di dalam darah maka ginjal akan kwalahan dalam mengeliminasinya. Secara detail, hal-hal berikut ini bisa memicu meningkatnya kandungan asam urat di dalam tubuh.

– Obat-obatan tertentu
Saat mengonsumsi suatu obat, biasanya akan terdapat risiko bahwa nantinya obat tersebut akan menimbulkan efek samping, salah satunya adalah meningkatkan kandungan asam urat, diantara obat-obatan tersebut adalah obat yang berkaitan untuk mengobati darah tinggi, aspirin dan bahkan juga ketika seseorang melakukan proses pengobatan dengan cara radiasi atau kemoterapi.

– Makanan
Inilah penyebab utama mengapa seseorang mengalami penyakit asam urat, jika dirinci ada banyak sekali jenis makanan yang bisa meningkatkan zat purin dalam tubuh dan rata-rata orang tidak mengetahuinya. Asam urat tidak hanya dipicu oleh makanan dari jenis kacang-kacangan saja namun juga dari minuman yang mengandung kafein yang umumnya terkandung dalam kopi, minuman dengan kadar alkohol tinggi, jerohan, daging dan teri. Ada juga beberapa sayuran yang bisa memicu peningkatan zat asam urat di dalam tubuh seperti sayur bayam.

Gejala Asam Urat

Ketika seseorang mengalami nyeri pada sendi biasanya langsung dikaitkan dengan kandungan asam urat yang meningkat, sebenarnya nyeri sendi tidak selalu menggambarkan kadar asam urat yang meningkat namun bisa juga dikarenakan oleh kondisi lainnya.

Untuk mengetahui secara pasti apakah anda sedang mengalami gangguan kesehatan terkait asam urat ada baiknya jika anda melakukan kontrol kadar asam urat, seseorang yang tidak terganggu dengan asam urat akan memiliki kadar asam urat antara 3 – 7 mg/ dl. Lebih atau kurang dari angka tersebut sudah termasuk pada kategori tidak normal. Nah, untuk membantu anda dalam mengenali kondisi tubuh terkait kandungan asam urat, berikut ini adalah gejala-gejala yang biasanya muncul ketika asam urat dalam tubuh sedang tinggi.

Nyeri Sendi
Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar kasus penyakit nyeri sendi diakibatkan oleh peningkatan asam urat yang berlebihan, karena bagian sendi merupakan daerah yang paling sering terkena dampak penumpukan asam urat hingga berbentuk kristal. Pada gejala nyeri sendi yang parah saat disentuh dengan ringan akan terasa sakit dan menimbulkan kebengkakan.

Obat Asam Urat

Pengobatan asam urat bisa dilakukan secara medis dan tradisional namun kunci utama kesembuhan penderita asam urat adalah dengan mengatur pola makan dan menghindari segala jenis makanan yang memicu peningkatan asam urat. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya juga sangat membantu, sebab kerja ginjal akan lebih ringan. Ada juga obat-obatan tradisional yang bisa anda coba untuk konsumsi diantaranya adalah :

  • Jahe karena tumbuhan akar rimpang ini memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan akibat asam urat.
  • Lemon, selain kaya akan vitamin C jus lemon akan membantu menetralkan darah dari pengaruh kadar asam urat yang tinggi.

Kolesterol

Kolesterol memiliki wajah yang berbeda, kolesterol baik dalam darah sangat bersahabat dengan kesehatan manusia, sebaliknya kolesterol jahat akan menimbulkan penyakit-penyakit serius lainnya.
Seringnya seseorang justru memiliki kolesterol jahat yang berlebihan di dalam darah, sehingga penting untuk mengetahui penyebab, gejala maupun obat kolesterol tinggi.

Penyebab Kolesterol

Secara umum, penyakit kolesterol memiliki penyebab yang berbeda-beda salah satunya adalah faktor genetik, usia dan juga daya tahan tubuh seseorang. Namun terlepas dari itu semua ada beberapa faktor yang menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah, diantaranya adalah :

– Gaya Hidup yang tidak sehat, misalnya saja lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang menyukai buah maupun sayuran.

– Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti daging, kuning telur, mentega keju dan susu. Termasuk juga ketika anda mengonsumsi makanan ringan seperti keripik kentang, cracker dan juga makanan ringan lainnya karena jenis makanan ringan tersebut mengandung lemak trans yang juga berpengaruh buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Minuman beralkohol.
  • Kelebihan berat badan.
  • Kurang gerak atau olah raga.
  • Akibat penyakit lain seperti liver, ginjal dan gangguan kelenjar tiroid.

Gejala Kolesterol

Seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dalam darah memang sedikit sulit untuk dikenali, karena tidak menunjukkan efek secara langsung namun jika sudah pada tahap yang diluar batas kewajaran akan langsung memberikan efek yang membahayakan.

Oleh sebab itu, jika anda memiliki garis keturunan sebagai penderita kolesterol tinggi ada baiknya untuk lebih jeli dalam mengawasi kondisi kesehatan anda, jika anda menemukan gejala-gejala seperti berikut ini bisa jadi tingkat kolesterol jahat dalam darah anda cukup tinggi.

  • Pusing tanpa sebab.
  • Gangguan keseimbangan.
  • Daya tahan tubuh berkurang drastis.
  • Sulit berbicara.
  • Penurunan daya penglihatan.
  • Sering kesemutan tanpa sebab.
  • Sesak nafas disertai mual.
  • Keluar keringat dingin.
  • Sering mengalami gangguan pencernaan disertai muntah.
  • Nyeri dibagian dada, perut, punggung, lengan dan leher.

Obat Kolesterol

Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, yaitu :

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, sebab cara ini tidak hanya akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar lebihi baik namun juga sebagai antioksidan sehingga kekebalan tubuh lebih kuat. Antioksidan juga berperan bagaikan spons yang akan mampu menyerap kolesterol dan mengeluarkannya bersamaan ketika anda buang air besar.
  • Menghindari segala jenis makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh.
  • Mengganti minyak goreng biasa dengan minyak jagung atau minyak zaitun.
  • Memperbanyak konsumsi ikan segar karena ikan mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah.
  • Olah raga setidaknya 3 kali dalam seminggu.
  • Jika tingkat kolesterol dalam darah anda cukup tinggi maka anda bisa meminta saran dokter untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol agar segera teratasi.

Tersebut diatas adalah beragam informasi yang berkaitan dengan penanganan terhadap penyakit asam urat maupun kolesterol tinggi, kesehatan adalah sesuatu yang harus dijaga karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan segala jenis aktifitas dengan lebih baik.