Mengenal Jenis Anjing Afghan Hound Lengkap Dengan Karakteristiknya

Mengenal Jenis Anjing Afghan Hound Lengkap Dengan Karakteristiknya – Afghan Hound atau merupakan salah satu jenis anjing yang mendapat julukan Anjing Bahtera Nuh dari suku pemburu di daerah Afganistan dan dikatakan sebagai salah satu jenis anjing tertua di dunia.

Ada yang mengatakan jika Afghan Hound mulai ada sejak 8000 tahun yang lalu sedangkan untuk jenis Long Haired Grey Hound ditemukan di Mesir pada 4000 S.M.

Mengenal Jenis Anjing Afghan Hound Lengkap Dengan Karakteristiknya

Mengenal Jenis Anjing Afghan Hound Lengkap Dengan KarakteristiknyaDi Afganistan sendiri Afghan Hound terkenal sebagai anjing pemburu leopard putih, kijang dan juga rusa dan ini merupakan jenis anjing yang sangat cantik, eksotik dan juga anggun.

Keseluruhan penampilan dari Afghan Hound memiliki daya tarik tersendiri dengan kepalanya yang selalu terangkat tinggi dan mengarah lurus ke depan, karakteristik khasnya terlihat dari ekspresi yang eksotis, bulu panjang dan berkilau, pola bulu yang unik, tulang pinggul yang menonjol dan juga keempat kakinya yang besar.

Afghan Hound merupakan jenis anjing yang pintar dan sangat peka sehingga kurang cocok untuk dipelihara oleh orang yang tidak terlalu antusias dan juga kurang tulus.

Afghan Hound adalah anjing dengan sikap bangsawan, berukuran tinggi serta ramping dengan kepala yang panjang dan menyempit, rahang kuat serta bulu berkilau.

Pada bagian kepala Afghan Hound ini terlihat cukup menonjol dengan moncong cembung dan hidung berwarna hitam, sementara bagian gigi bertemu pada level yang sama atau scissors bite dan matanya berbentuk seperti almond warna gelap.

Telinga Afghan Hound terletak lurus di kepala dengan leher kuat serta panjang, sedangkan tinggi withers sejajar dan abdomennya terletak dalam posisi yang baik.

Tulang pinggul Afghan Hound menonjol dengan kaki depan berbentuk lurus serta kuat dan ditutupi dengan bulu lebat dan panjang, sementara pada bagian ujung ekornya sedikit melingkar atau memiliki bentuk menyerupai cincin.

Bulu Afghan Hound yang panjang dan berkilauan tersebut berwarna bersih seperti pasir sementara pada bagian wajah serta pinggir telinga sedikit berwarna gelap.

Sifat Afghan Hound

Afghan Hound merupakan anjing dengan sifat sangat bermatabat dan terkadang senang menyendiri akan tetapi sifatnya sangat manis, penyayang, setia dan juga sensitif serta tidak mendominasi.

Afghan Hound harus di latih dengan sangat baik sebab anjing jenis ini memiliki sifat elegan, berani, mudah curiga namun tidak bermasalah dengan orang asing dan Afghan Hound akan sedih serta tidak mau makan jika sedang ingin mencari perhatian.

Afghan Hound juga sangat baik terhadap anak anak yang lebih besar dan lebih memiliki rasa pengertian.

Postur Badan Afghan Hound

Afghan Hound memiliki tinggi antara 27 sampai 29 inch atau setara dengan 68.58 cm sampai 73.66 cm dan untuk jenis betina biasanya memiliki tinggi badan yang lebih pendek.

Sementara untuk berat badan Afghan Hound mencapai 58 sampai 64 lbs atau setara dengan 26 sampai 34 kg.

Kesehatan Afghan Hound

Afghan Hound termasuk jenis anjing yang tidak mudah terserang penyakit dan juga memiliki daya tahan pada sakit yang rendah sehingga membuatnya sering merasa kesakitan meskipun hanya mengalami luka yang ringan.

Lingkungan Hidup Afghan Hound

Untuk anda yang tinggal di apartement maka tidak disarankan untuk memelihara Afghan Hound, sebab jenis anjing ini tidak terlalu aktif di dalam ruangan dan lebih suka bermain pada area yang luas dan terbuka.

Afghan Hound bisa di ajak bermain pada dalam ruangan ataupun luar ruangan, akan tetapi pada saat ingin tidur Afghan Hound lebih suka berada di dalam ruangan.

Anda yang ingin memelihara Afghan Hound juga harus mengajaknya berlari dan juga berjalan jalan setidaknya 30 menit setiap harinya.

Perawatan Afghan Hound

Afghan Hound bisa bertahan hidup hingga usia 14 tahun dan untuk merawat bulunya yang panjang serta tebal, maka diperlukan perhatian khusus khususnya jika akan mengikuti pameran maka harus dimandikan sebanyak satu kali dalam seminggu.

Saat sedang dimandikan, jangan menyikat bulu Afghan Hound supaya bulunya tetap panjang dan berkilau dan menyikat bulunya di waktu kering juga akan membuat bulunya lebih mudah kusut.