Affenpinscher (Pengenalan Dan Karakteristiknya)

Affenpinscher (Pengenalan Dan Karakteristiknya) – Affenpinscher merupakan jenis anjing toy tertua dan berasal dari Jerman tahun 1600an.

Pada awalnya, Affenpinscher digunakan sebagai anjing berburu di rumah penduduk serta lahan pertanian masyarakat.

Affenpinscher memiliki tempramen seperti terrier sedangkan kepribadiannya sangat menyenangkan, penggembira dan juga menggemaskan.

Namun jenis anjing Affenpinscher tergolong sangat aktif tidak seperti jenis toy pada umumnya dan juga ia bisa beradaptasi secara baik dengan anjing lainnya.

affenpinscher-pengenalan-dan-karakteristiknya
affenpinscher-pengenalan-dan-karakteristiknya

Sejarah jenis anjing Affenpinscher

Meskipun menurut sejarah Affenpinscher dikembangbiakkan di Jerman, namun asal usul anjing ini masih belum diketahui kebenarannya.

Di abad ke-17, masyarakat Eropa menggunakan anjing Affenpinscher ini untuk mengusir tikus di dapur.

Pada saat ini Affenpinscher telah menjadi salah satu jenis anjing terlangka.

Fisik Affenpinscher

Affenpinscher memiliki bentuk alis yang tebal dan seluruh wajahnya tertutup dengan bulu yang sangat tebal dan lebih panjang dibandingkan dengan bulu pada seluruh badannya.

Affenpinscher memiliki mata yang bulat besar berwarna gelap, sedangkan susunan giginya berbentuk undershot dan lahar bawah yang lebar.

Warna bulu Affenpinscher

Warna yang paling sering ditemui pada jenis anjing Affenpinscher ini adalah hitam dan sebagian lagi berwarna hitam coklat, abu – abu, perak dan juga merah.

Tinggi badan Affenpinscher

Tinggi rata – rata Affenpinscher adalah sekitar 10 sampai 15 inch atau setara dengan 25 sampai 39 cm.

Berat badan Affenpinscher

Affenpinscher memiliki berat rata – rata sekitar 7 sampai 8 kg pada anjing jantan dan betinanya.

Cara merawat Affenpinscher

Anjing Affenpinscher ini memang tergolong anjing yang sangat aktif dan lincah, sehingga kamu harus mengajaknya bermain setiap hari dan juga berjalan – jalan.

Affenpinscher senang bermain diluar ruangan namun jangan pernah meninggalkannya diluar sendirian.

Affenpinscher sangat haus akan perhatian dan kasih sayang serta sangat senang menjadi pusat perhatian manusia.

Affenpinscher juga cocok dijadikan anjing penjaga sebab ia akan menggonggong jika mendengar suara yang tidak dikenalinya, akan tetapi tentu saja Affenpinscher tidak cocok dijadikan anjing penjaga rumah dan melindungi dari tamu yang tidak diinginkan.

Affenpinscher memerlukan penyisiran bulu secara teratur sekitar 3x seminggu dan pemotongan rambut 4x setahun.

Masalah kesehatan Affenpinscher

Usia Affenpinscher bisa mencapai 12 sampai 14 tahun lamanya dan ia juga harus sering melakukan tes untuk resiko kemungkinan gangguan lutut dan juga jantung.

Affenpinscher kurang tepat jika hidup dalam cuaca yang panas dan juga terlalu lembap sebab akan menimbulkan masalah pernapasan pada anjing lucu ini.

Affenpinscher sangat rentan terhadap masalah tempurung lutut, fraktur atau patah tulang, patent ductus arteriosus dan juga ulkus kornea.

Affenpinscher bisa melahirkan antara 1 sampai 3 anak dalam sekali proses kelahiran.

Affenpinscher seringkali memakan sesuatu benda yang aneh dan mereka sangat membutuhkan banyak perhatian serta sangat senang bersama dengan pemiliknya sepanjang hari.

Grooming Affenpinscher

Affenpinscher memiliki lapisan rambut yang kasar pada bagian luarnya dan pada lapisan bawahnya agak keriting, sehingga sangat memerlukan perawatan dan menyisir secara rutin.

Affenpinscher memiliki rambut rontok yang sangat sedikit dan pemotongan rambut juga tidak diperlukan secara rutin.

Perawatan rutin yang harus dilakukan pada jenis anjing Affenpinscher adalah pemotongan kuku, membersihkan telinga, memotong rambut disekitar mata, membersihkan mata dan beberapa kegiatan yang lainnya.

Tempramen Affenpinscher

Affenpinscher merupakan jenis anjing yang pemberani, cerdas, lincah, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, keras kepala, lucu dan juga nakal.

Affenpinscher sangat baik dengan anak – anak dan sangat tepat untuk dijadikan peliharaan dalam keluarga.

Walau Affenpinscher bisa belajar dengan sangat cepat, akan tetapi sifat keras kepalanya terkadang lebih dominan dan inilah yang menyebabkan Affenpinscher agak sedikit sulit untuk dilatih.

Dalam melatih Affenpinscher dibutuhkan ketegasan dan juga konsistensi dan berhati – hatilah dengan pengulangan yang terlalu banyak sebab Affenpinscher merupakan anjing yang mudah jenuh.

Affenpinscher merupakan anjing yang setia, loyal dan juga sayang pada pemiliknya dan ia akan selalu siap untuk melindungi pemiliknya, rumah serta harta benda tempat dimana ia tinggal.

Affenpinscher menganggap dirinya merupakan jenis anjing yang besar dan bisa sangat menghibur kamu dengan melemparkan mainan ke udara dan juga ia dapat berjalan dengan kedua kaki belakangnya.

Affenpinscher akan mengigit jika diprovokasi sehingga jika kamu memiliki anak kecil sebaiknya ajarkan anak kamu agar bisa berlaku lembut dan juga menghormati jenis anjing Affenpinscher ini.

Demikian ulasan dari jenisanjing.xyz kali ini tentang salah satu jenis anjing toy yakni Affenpinscher, semoga bisa menambah informasi kalian tentang jenis Рjenis anjing dan terima kasih sudah berkunjung ke situs kami, salam dog lover.