7 Gejala Dan Diagnosis Penyakit Parvo Pada Anjing

7 Gejala Dan Diagnosis Penyakit Parvo Pada Anjing – Parvo atau infeksi canine parvo virus merupakan salah satu penyakit pencernaan yang memiliki tingkat kematian tinggi.

Virus parvo ini seringkali ditemukan pada anak anjing dan para pemilik anjing dan juga pengembang biakan anjing profesional seringkali cemas dan panik saat mengetahui anjing kesayangan mereka terkena virus mematikan ini.

Baca Juga: Penyakit Distemper Anjing Mematikan Serta Gejala Dan Cara Mengobatinya

Jika anjing kesayangan anda terkena parvo, sebaiknya sesegera mungkin untuk megunjungi dokter hewan, agar peluang anjing tersebut untuk hidup bisa ditingkatkan.

Namun, gejala – gejala yang ditimbulkan parvo seringkali disalahpahami sebagai gejala dari penyakit anjing yang lainnya seperti enteritis dari bakteri hemorhagis, cacing tambang dan lain sebagainya.

Simak penjelasan lebih lengkapnya tentang virus parvo dari jenisanjing.xyz berikut ini.

7-gejala-dan-diagnosis-penyakit-parvo-pada-anjing
7-gejala-dan-diagnosis-penyakit-parvo-pada-anjing

Gejala – Gejala Parvo

1#. Usia anjing:
Parvo umumnya menyerang anak – anak anjing usia antara 6 sampai 20 minggu dan 80% parvo terjadi pada anjing yang berusia dibawah 1 tahun.

Jika induk anjing tidak mendapat vaksin parvo, maka virus dapat datang pada usia yang lebih dini yakni beberapa minggu dari kelahiran anak anjing tersebut.

2#. Ras anjing:
Parvo umumnya lebih sering terjadi pada ras tertentu seperti Pitbull, Rottwiler, German Sheperd dan juga Doberman Pinscher.

Jika anda termasuk pemilik dari salah satu ras tersebut, maka anda harus lebih berhati – hati.

3#. Perhatikan Perilaku anjing:

Umumnya, tanda pertama yang ditimbulkan dari infeksi parvo adalah anjing terlihat lesu dan anak anjing terlihat tidak terlalu aktif lalu lari ke sebuah tempat sudut ruangan dan terdiam.

Lesu ini juga diikuti dengan fisik yang melemah dan hilangnya nafsu makan.

4#. Demam:
Anjing yang terkena infeksi parvo umunya akan mengalami demam antara suhu 40 sampai 41 derajat celcius.

5#. Mengalami muntah:

Infeksi parvo ini menhancurkan bagian perut anjing yang dipenuhi dengan sel – sel pemisah yang akan diserang oleh virus ini.

Lapisan perut akan teriritasi dan luka sehingga anjing akan mengalami muntah.

6#. Perhatikan kotoran anjin anda:
Jika anjing mengalami diare, berlendir, berdarah atau kotoran lain yang tidak biasa, maka itu mungkin disebabkan oleh parvo dan ini akan mengakibatkan anjing mengalami dehidrasi.

7#. Lihat tanda anemia:
Parvo juga menjadi penyebab [endarahan pada usus sehingga bisa menyebabkan anemia.

Untuk memeriksanya, tekan gusi anjinb anda, jika gusi sehat warnanya akan kembali normal setelah ditekan, namun jika warna gusi anjing tidak kembali normal maka anjing anda mungkin terkena anemia.

Mendiagnosis Parvo

1#. Bawa anjing ke dokter hewan

Semakin cepat anda membawa anjing ke dokter hewan, maka akan semakin besar juga kesempatan anjing anda untuk hidup.

Namun, sayangnya para pemilik anjing seringkali tidak dapat mengenali gejala dari parvo atau terlalu lama menunda untuk membawanya ke dokter hewan.

Saat memutuskan untuk mengambil tindakan, anjing mereka suda ada di tahap akhir dari penyakit parvo ini dan akhirnya mati karena dehidrasi.

2#. Tes ELISA-Antigen

Untuk diagnosis selanjutnya adalah dengan meminta tes Enzyme Linked Immuno Sorbent Assay atau disingkat ELISA.

Tes ini merupakan tes pemeriksaan kotoran anjing untuk mencari serangan parvo dan tes ini hanya dilakukan di dokter hewan.

Tes ini memberikan hasil yang akurat, namun tidak selalu juga menghasilkan hasil yangn 100% akurat dan hasil negatif yang tidak benar juga pernah terjadi.

3#. Tes tambahan

Tes ELISA juga terkadang gagal untuk mendeteksi serangan parvo dan dokter hewan mungkin ankan menjalankan tes tambahan yakni tes Hemagglutination, tes darah dan juga pemeriksaan kotoran dengan cara langsung.

Hasil dari tes tambahan dan juga tes ELISA akan menunjukkan adanya viru parvo pada anjing anda.

Itulah tadi beberapa gejala yang terjadi dan bisa anda lihat saat anjing anda terkena virus parvo.

Saat gejala – gejala diatas muncul, sesegera mungkin bawalah anjing kesayangan anda ke dokter hewan, agar segera mendapat penanganan yang benar dan menyelamatkan nyawa anjing kesayangan anda, salam dog lover.