5 CARA BELAJAR BEATBOX DENGAN CEPAT DAN MUDAH

5 CARA BELAJAR BEATBOX DENGAN CEPAT DAN MUDAH

 

beatbox 9

 

Hai, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara belajar beatbox, saya akan memberitahu bagaimana cara-cara belajar beatbox dengan gampang.

Sering kali saya jumpai orang-orang yang ingin mencoba beat box dan S and B. Kedua hal ini tidak lah mudah untuk dilakukan.

Sebenarnya beatbox tidak berbeda sama orang yang mempunyai kelebihan bicara sama manusia.

Kamu harus membiasakan perasaan kamu akan suara irama dan menekankan hafalan kamu dengan macam-macam huruf and suara-suara vokal yang tertentu sehingga kamu dapat berbicara menggunakan bahasa beatbox.

Kamu akan memulainya dengan suara-suara dasar dan irama, dan kamu mecoba pola-pola yang agak rumit seiring dengan kemampuan kamu yang lebih atau bertambah.

 

5 Tehnik Dasar Untuk Belajar Beatbox

 

beatbox 4

 

 

#1. Pahami jumlah suara yang dapat kamu kuasai. Untuk melakukannya, setidaknya kamu bisa menguasai 3 suara dasar untuk belajar beatbox, Contohnya KICK DRUM KLASIK}, hi-hat {t}, dan SNARE DRUM KLASIK {p} or {pf}.

Latihlah perpaduan suara” tersebut kedalam irama 8ketukan contohnya seperti ini : { b t pf t / b t pf t } or { b t pf t / b b pf t }. Dan pastikan pengaturan waktu kamu yang tepat. Mulailah melakukannya denga cara perlahan-lahan lalu tingkatkan kecepatannya.

#2. Pelajari juga suara kick drum klasik {b}. Cara yang sangat mudah untuk membuat bunyi kick drum klasik dengan mengatakan huruf ‘B’. Biar suaranya bisa menjadi keras dan asli, kamu juga harus melakukan osilasi mulut.

Praktek ini dilakukan untuk membantu kamu mengalirkan dan meggetarkan angin yang melewati celah-celah bibir, contohya disaat kamu lagi mengejek temen.

Sesudah kamu ngelakuin praktek ini, coba kamu lakukan isolasi.Untuk bunyi ‘B’ sama seperti kayak kamu mengatakan ‘B’  dari kata BONUS.

Kali ini dengan cara menutup bibir, agar supaya tekannya meningkat. Kamu harus bisa mengendalikan berhentinya getaran bibir yang sudah beberapa saat.

 

beatbox 6

 

#3. Selanutnya, coba sedikit meniru ke hi-hat (T). Buatlah bunyi ‘TS’ yang sederhana tetapi gigi harus tertutup. Gerakkan ujung lidah kamu yang mengarah kedepan dibelakang gigi depan yang berguna untuk membuat suatu suara HAT tipis dan Posisi ‘T’ tradisional berguna untuk suara HAT berat.

Tarik nafas yang panjang yang betujuan untuk membuat suara bukaan HAT.

#4. Cobalah menghasilkan bunyi-bunyi HI-HAT yang berturut-turut atau terus meningkat. Kamu juga dapat ngelakuin hal ini dengan membikin bunyi ‘tktktk’, dengan memakai pada bagian tengah belakang lidah yang bertujuan untuk membikin suara ‘K’.

Kamu bisa membikin bunyi suara bukaan HI-HAT dengan cara menghembuskan nafas pada saat  kamu mengeluarkan bunyi suara ‘TS’, dan suaranya bisa terdengar jelas dengan mengeluarkan bunyi ‘Tsss’. Cara ini dapat menghasilkan bunyi suara yang terbuka lebih nyata. Trik-trik lain untuk menghasilkan bunyi HI-HAT yang asli yaitu dengan cara membikin bunyi ‘TS’ pada saat gigi berada dalam keadaan gempet atau rapat.

#5. Cobalah dengan suara SNARE DRUM KLASIK (SDK) {p}. Tehnik yang lumayan mudah untuk dapat menghasilkan bunyi suara Snare Klasik dengan cara mengeluarkan kata huruf ‘P’. Akan tetapi bunyi suara ‘P’ biasanya sangat pelan.

 

beatbox 7

 

Cara untuk membuat suaranya lebih keras, kamu dapat ngelakuin beberapa hal: 1. Dengan cara membikin osilasi bibir atau mulut.

Berarti kamu mengeluarkan angin dari mulut kmau sehingga bibir bisa bergetar. Contoh lainnya, kamu bisa ngeluarkan nafas pada saat kamu membuat suara (PH) pada saat berbarengan.

Supaya bisa menghasilkan bunyi ‘P’ lebih menyenangkan dan agak lebih terdengar seperti bunyi snare, kebanyakan BEATBOXER sengaja menaruk suara desahan ke-2 (terus-menerus) kesuara pertama ‘p’: pf ps psh bk.

Fariasi {pf} hampir mirip sama BASS DRUM, hanya saja disini kamu memakai pada bagian depan bibir alih-alih sisinya, dan mengencangkan bibir.

Tarik mulut kamu secara sengaja yang bertujuan untuk menyembunyikan bibir kamu, dan seolah-olahnya kamu enggak mempunyai gigi. Dan tambahkan juga sedikit tekanan angin dibelakang bibir yang tersembbunyi..

Ayun-ayunkan bibir kamu kearah luar (tidak berayun beneran). Sebelum bibir kamu balik seperti semula (tidak bersembunyi), hembuskan keudara sambil membikin bunyi ‘P’.

Sesudah kamu menghembuskan keudara dan mengahasilkan bunyi ‘P’’, dan gabungkan bibir dan gigi bawah kamu supaya bisa membikin bunyi suara ‘fff’.

 

beatbox 5

 

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara belajar beatbox, lebih dan kurang saya mohon maaf. Kalaupun ada kata-kata atau tulisan saya yang salah harap dimaklumin saja, karna manusia tidak luput dari kesalahan.

Semoga yang saya beritahukan ini bisa berguna untuk kalian semuanya. Amin.